Rabu 18 Oct 2023 10:45 WIB

Manokwari akan Didesain Jadi Smart City di Papua

Pemkab Manokwari laksanakan bimtek tahap akhir menuju Smart City

Ilustrasi kegiatan warga di Manokwari.
Foto: Dok. Web
Ilustrasi kegiatan warga di Manokwari.

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Pemerintah Kabupaten Manokwari Papua Barat melaksanakan bimbingan teknis tahap akhir menuju Gerakan Kota Cerdas atau Smart City yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Sekretaris Tim Pelaksana Kota Cerdas Kabupaten Manokwari Bondan Santoso di Manokwari, Selasa, menjelaskan Pemkab Manokwari telah melaksanakan empat tahap bimbingan teknis menuju Gerakan Kota Cerdas.  

Baca Juga

"Tahap I dilaksanakan 5-6 Juli 2023, tahap II dilaksanakan 7-8 Agustus 2023, tahap III dilaksanakan 12-13 September 2023; dan tahap terakhir hari dimulai hari ini tanggal 17-18 Oktober 2023 sebagaimana penjadwalan yang ditetapkan Kemenkominfo," kata Bondan yang juga Kepala Diskominfo Manokwari. 

Ia menjelaskan, pada tahap I telah dihasilkan Buku 1 Analisis Strategi Kota Cerdas yang berisi analisis Kabupaten Manokwari dalam menyiapkan dirinya masuk dalam program gerakan Smart City di Indonesia.

 

Pada tahap II dihasilkan Buku 2 Masterplan Kota Cerdas yang berisi tentang visi-misi kota cerdas Kabupaten Manokwari dalam mewujudkan Smart City. Sedangkan untuk tahap III dan IV akan dihasilkan buku 3 dan 4 yang akan diselesaikan setelah penyelenggaraan Bimbingan Teknis tahap IV. 

"Tahapan-tahapan tersebut menjadi dasar oleh pihak terkait dalam proses pengambilan keputusan dalam rangka mewujudkan Kota Cerdas di Kabupaten Manokwari," jelasnya.

Bupati Manokwari Hermus Indou, mengatakan tahap tersebut adalah hasil implementasi dari Nota Kesepakatan Gerakan Menuju Kota Cerdas Kabupaten Manokwari Tahun 2023 yang ditetapkan Pemkab Manokwari bersama Kemenkominfo pada tahun 2022. 

"Penandatanganan komitmen tersebut dirangkai dengan bimbingan teknis tahap IV penyusunan masterplan Kota Cerdas. Hal itu jadi momentum untuk membahas dan merancang masa depan Kabupaten Manokwari," katanya.

Pembangunan menggunakan pendekatan kota cerdas sudah menjadi kebutuhan bagi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien. Kota Cerdas adalah konsep yang menggabungkan inovasi teknologi, partisipasi masyarakat, dan pembangunan berkelanjutan.

"Ini adalah tentang menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi warga kita dengan pelayanan publik yang lebih efisien, lingkungan yang bersih, ekonomis dan lebih inklusif," ujarnya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement