Selasa 17 Oct 2023 17:34 WIB

Dishub DKI Ungkap Alasan Cabut Stick Cone Pembatas Jalur Sepeda di Jakarta

Viral di media sosial X petugas mencabuti stick cone di jalur sepeda Jakarta.

Sejumlah kendaraan melintas disamping pembatas jalur sepeda (stick cone) rusak di kawasan Jalan Penjernihan 1, Jakarta. (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
Sejumlah kendaraan melintas disamping pembatas jalur sepeda (stick cone) rusak di kawasan Jalan Penjernihan 1, Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mencabut tiang kerucut (stick cone) plastik pembatas jalur sepeda di beberapa ruas jalan di Jakarta. Stick cone dicabut untuk menjamin keselamatan pesepeda dan pengguna jalan.

"Pencabutan stick cone ini untuk menjamin pesepeda dan pengguna jalan lainnya terhindar dari kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga

Pembatas jalur sepeda yang dicabut secara bertahap itu dilakukan di ruas Jalan Tentara Pelajar, Jalan Kramat Raya, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Penjernihan. Langkah serupa juga dilakukan di Jalan Salemba Raya, Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan RP Soeroso, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Tugu Tani, Jalan Teuku Cik Ditiro, dan Jalan Prajurit KKO Usman.

Syafrin menyebut pembongkaran stick cone jalur sepeda yang dilakukan secara bertahap itu karena adanya kerusakan akibat ditabrak oleh kendaraan bermotor yang tidak diketahui waktu kejadiannya. "Hasil survei petugas lapangan Bidang Lalu Lintas terdapat stick cone yang rusak tertabrak kendaraan bermotor," ucap Syafrin.

 

Lalu, kata Syafrin, ada pula aduan masyarakat dalam sistem Cepat Respons Masyarakat (CRM) untuk ditindaklanjuti terkait kerusakan stick cone. Pernyataan Syafrin ini menanggapi beredarnya video di sosial media X yang diunggah dalam akun @adriansyahyasin yang memperlihatkan adanya pencabutan stick cone jalur sepeda di Jalan Tentara Pelajar, Jakarta.

"Kita 'pernah' punya jalur sepeda terproteksi sekarang, yang pada akhirnya dibongkar sama @dishubjakarta. Bangga dapat Sustainable Transport Awards tapi dibongkar juga pada akhirnya," tulis akun @adriansyahyasin dikutip Selasa.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement