Selasa 17 Oct 2023 16:38 WIB

Tarif Kereta Cepat Whoosh Didiskon, Lebih Murah dari Argo Parahyangan

PT KCIC menetapkan tarif Kereta Cepat hanya Rp 150 ribu sampai November 2023.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Erik Purnama Putra
Penumpang bersiap memasuki gerbong Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (13/10/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Penumpang bersiap memasuki gerbong Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (13/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) resmi menerapkan tiket berbayar mulai Rabu (18/10/2023). Setelah diumumkan harga tiket sebesar Rp 300 ribu sekali jalan pada akhir pekan lalu, KCIC memberikan promo tiket hanya Rp 150 ribu yang berlaku sampai akhir November 2023.

Tarif tersebut, lebih rendah dari harga tiket Kereta Argo Parahyangan relasi Gambir-Stasiun Bandung kelas bisnis yang dihargai Rp 200 ribu pada hari kerja dan Rp 250 ribu di akhir pekan. Tiket Whoosh dapat dibeli melalui aplikasi resmi yaitu Whoosh Kereta Cepat yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Baca Juga

Selain itu, juga bisa dipesan melalui aplikasi Access By KAI, Livin by Mandiri, dan menyusul dalam waktu dekat di aplikasi BRImo dan BNI Mobile Banking. Mulai hari ini pula, pembayaran tiket Kereta Cepat Whoosh telah dapat dilakukan di berbagai channel pembayaran serta virtual account Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

"Diharapkan melalui beragam promo tiket Kereta Cepat Whoosh yang dihadirkan dapat menarik minat masyarakat untuk beralih dari jalan raya ke transportasi publik berbasis rel khususnya kereta cepat," ujar Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (17/10/2023).

Dia menyampaikan, pemberian diskon tersebut diberikan sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mengurangi kemacetan dan polusi sebagai dampak tingginya penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya. Promo tiket tersebut juga diberikan dalam rangka Hari Ulang Tahun KCIC ke-8 pada 16 Oktober 2023.

Menurut Dwiyana, Kereta Cepat Whoosh adalah layanan kereta komersial sehingga ke depan penetapan tarif akan menggunakan strategy dynamic pricing dan mengikuti pola permintaan serta strategi perusahaan dengan menggunakan perhitungan dan kajian yang tepat.

Ke depan, KCIC juga akan terus menghadirkan berbagai promo tiket untuk masyarakat, lansia, pelajar dan bekerjasama dengan Instansi, TNI, Polri, dan lainnya. Bundling dengan paket perjalanan, paket wisata, serta berbagai event menarik lainnya.

"Berbagai promo menarik dan aplikasi KCIC luncurkan dalam rangka menyemarakkan pengoperasian perdana Kereta Cepat Whoosh berbayar. Segera download aplikasi Whoosh Kereta Cepat atau aplikasi yang telah bekerja sama lainnya untuk mendapatkan tiket Kereta Cepat Whoosh seharga Rp 150 ribu," ujar Dwiyana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement