Ahad 15 Oct 2023 18:11 WIB

Kapolri Ganti dan Mutasi Posisi Dankor Brimob Serta Enam Kapolda

Enam Kapolda diganti Kapolri.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Muhammad Hafil
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Foto: republika
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan pergantian sejumlah perwira tinggi di kepolisian. Salah satu yang diganti adalah Komandan Korps Brigadir Mobil (Dankor Brimob) Komisaris Jenderal Anang Revandoko. Posisinya digantikan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Imam Widodo yang sebelumnya menjabat Wakil Dankor Brimob.

Selain merotasi Dankor Brimob, Kapolri juga mengganti enam Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda). “Benar. Pergantian tersebut adalah mutasi dan rotasi yang merupakan proses alamiah di organisasi kepolisian dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty dan area,” begitu kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Ahmad Ramadhan, dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Ahad (15/10/2023).

Baca Juga

Adapun enam Kapolda yang diganti, mengacu pada ST/2360/X/KEP/2023 di antaranya, Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Toni Hermanto yang digantikan oleh Irjen Imam Sugianto yang sebelumnya menjabat selaku Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim). Adapun posisi Kapolda Kaltim yang baru, akan ditempati oleh Irjen Nanang Avianto yang saat ini memegang jabatan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Posisi di Kapolda Kalteng selanjutnya akan diserahkan kepada Irjen Djoko Poerwanto yang sebelumnya mengisi posisi sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Adapun Irjen Umar Faroq yang saat ini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat-1 Sesmpim Lemdiklat akan mengisi pos sebagai Kapolda NTB. 

Selanjutnya, Kapolri juga mengganti posisi Kapolda Bangka Belitung Irjen Yan Sultra. Posisinya akan digantikan oleh Irjen Tornagogo Sihombing yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri. Terakhir adalah Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto, posisinya akan digantikan oleh Irjen Abdul Karim 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement