Ahad 15 Oct 2023 14:00 WIB

Relawan Srikandi Ganjar Latih Milenial Jogja Bikin Lilin Aroma Terapi dari Minyak Jelantah

Aroma terapi ini murah meriah tapi penuh manfaat.

Workshop pembuatan lilin aroma terapi dari bahan minyak jelantah yang diikuti kaum milenial dan generasi z di Kota Yogyakarta.
Foto: Dok. Web
Workshop pembuatan lilin aroma terapi dari bahan minyak jelantah yang diikuti kaum milenial dan generasi z di Kota Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Para sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar lokakarya atau workshop pembuatan lilin aroma terapi dari bahan minyak jelantah yang diikuti kaum milenial dan generasi z di Kota Yogyakarta. 

Seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, Ahad (15/10/2023), pengisi materi, Lita Eliana mengeklaim cara membuat lilin aroma terapi yang diajarkannya sangat mudah dan bahan-bahannya pun murah karena cukup memanfaatkan minyak bekas atau jelantah.

Baca Juga

"Bahan utamanya tadi adalah minyak jelantah. Kemudian, ada stearin (stearic acid) gunanya itu untuk mengeraskan dari minyak itu sendiri. Terus, pewarnanya bisa menggunakan krayon bekas. Terus, ditambahkan essential oil," kata dia. 

Sebagian bahan tadi juga bisa diganti seperti pewangi menggunakan parfum badan atau pewangi pakaian. Sedangkan, stearinnya bisa dengan mudah dibeli dari toko bahan kimia.

Untuk membuatnya, para peserta awalnya diminta memanaskan minyak jelantah di atas wajan hingga mendidih dilanjutkan dengan menambahkan larutan stearin, pewarna hingga pewangi sesuai keinginan.

"Minyaknya dipanaskan, kemudian dilarutkan stearinnya terus ditambahkan pewarnanya tadi dan ditambahkan essential oil buat pewanginya. Prosesnya cukup singkat, tidak sampai setengah jam. Cuma, yang agak lama itu menunggu lilinnya mengeras dan dingin," kata Lita.

Selain aromanya yang wangi, lilin buatan mereka juga memiliki tampilan warna-warni yang menarik sehingga cocok dijadikan hadiah untuk orang-orang terkasih, khususnya generasi muda.

Tak heran, Lita menaksir produk tersebut memiliki nilai jual tinggi di pasaran tapi hanya membutuhkan modal yang relatif murah. Sehingga, keuntungan yang diperoleh bisa berlipat ganda.

"Keunggulannya (membuat lilin sendiri) tentu saja bisa membantu menjaga lingkungan, tidak mencemari lingkungan itu tadi (karena) dari minyak jelantahnya diolah dan dimanfaatkan. Nilai jualnya bisa lebih tinggi karena ibaratnya, itu dari pengolahan ulang dari minyak (jelantah) itu tadi. Ada nilai cinta lingkungannya," katanya.

Dalam workshop itu, Lita menjelaskan kendala dalam pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah biasanya berkaitan dengan kondisi minyak yang keruh dan berbau tidak sedap.

"Untuk tipsnya, misalkan minyak jelantahnya bau atau keruh. Teman-teman bisa merendam minyak jelantahnya itu sendiri menggunakan arang bakar kayu selama 24 jam baru bisa digunakan," ujar Lita.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Yogyakarta Herawati turut mengenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024-2029 kepada para peserta kegiatan kali ini.

"Kalau untuk di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, mereka (perempuan milenial) sudah mulai terbuka Pemilu, terhadap politik itu. Mereka sangat loyal dengan Srikandi Ganjar. Mereka berkomitmen untuk mendukung Pak Ganjar di Pemilihan Presiden 2024," ujar dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement