Sabtu 14 Oct 2023 13:17 WIB

Rakernas Projo Deklarasi Capres: Prabowo Diundang, Ganjar tidak

Capres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto memastikan hadir di Rakernas Projo.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menyatakan, rapat kerja nasional (Rakernas) organisasinya di Senayan, Jakarta Pusat pada hari, ini akan dihadiri capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto. Prabowo merupakan satu-satunya kandidat capres yang diundang.

Projo memastikan tidak mengundang capres PDIP Ganjar Pranowo. "Tidak, (Ganjar) tidak diundang," kata Budi kepada wartawan jelang pembukaan Rakernas Projo di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2023).

Baca Juga

Budi menyebut, pihaknya mengundang Prabowo dan semua ketua umum partai KIM. Projo juga mengundang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, yang merupakan putra sulung Jokowi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkomiinfo) itu menyebut, rakernas akan dibuka oleh Dewan Pembina Projo, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usai Jokowi pidato, Projo akan mendeklarasikan dukungan kepada sosok berinisial P sebagai capres Pilpres 2024.

Budi menyebut, sosok berinisial P itu diundang dan akan hadir langsung dalam acara rakernas. Sosok tersebut dijadwalkan akan berpidato usai menerima dukungan.

Di sekitar lokasi acara, tampak hampir semua anggota Projo mengenakan baju kaos dengan gambar muka Jokowi dan Prabowo. Budi enggan mengonfirmasi bahwa hal itu merupakan pertanda bahwa Projo dan Jokowi akan mendukung Prabowo.

"Projo itu tegak lurus pada perintah Pak Joko Widodo. Kita tunggu aja arahan Pak Jokowi (dalam pidatonya nanti)," kata Budi.

Ketika ditanya apakah Projo akan deklarasi mendukung Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo, Budi enggan memberikan jawaban lugas. Dia hanya menekankan, penentuan cawapres merupakan domain ketua tumum KIM yang mengusung Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo mengonfirmasi bahwa dirinya telah menerima undangan dari Projo untuk menghadiri acara rakernas. Semua ketua umum partai politik pendukungnya juga diundang dan akan datang.

"Semua datang. Kalau diundang, harus datang dong. Tidak baik kalau diundang tidak datang," kata Prabowo saat memberi keterangan pers usai rapat penentuan cawapres dengan semua ketua umum KIM di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement