Jumat 13 Oct 2023 05:19 WIB

Ketum Koalisi Indonesia Maju Bertemu Hari Ini, Bahas Cawapres Prabowo

Ketum KIM juga bahas tanggal yang tepat untuk mendaftarkan Prabowo ke KPU.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.
Foto: Republika/ Febryan A
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju akan menggelar pertemuan untuk membahas bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Prabowo Subianto di Jakarta pada Jumat (13/10/2023). Dalam pertemuan itu, akan dilakukan simulasi terhadap kandidat pendamping Prabowo.

"Seluruh ketua umum Koalisi Indonesia Maju akan mengadakan pertemuan antara lain untuk membicarakan formulasi pendaftaran capres-cawapres, lalu kemudian sambil melakukan simulasi-simulasi untuk cawapresnya Pak Prabowo," ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di depan kediaman Prabowo, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Baca Juga

Selain itu, para ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju juga mulai merumuskan waktu yang tepat untuk mengumumkan bakal cawapres dari Prabowo. Termasuk, membahas tanggal yang tepat untuk mendaftarkannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sejumlah nama sudah diusulkan dan akan dibahas dalam pertemuan tersebut. Termasuk kandidat cawapres, seperti Erick Thohir, Airlangga Hartarto, Gibran Rakabuming Raka, hingga Khofifah Indar Parawansa.

 

"Saya pikir pertemuan besok (Jumat) juga baru merupakan simulasi-simulasi yang nantinya akan diambil suatu keputusan yang bulat antara ketua-ketua umum partai koalisi," ujar Dasco.

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan, saat ini nama bakal cawapres untuk Prabowo sudah mengerucut ke empat nama. Dua di antaranya diusulkan oleh Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kami mendengar, cawapres Bapak Prabowo Subianto menguat pada empat nama. Adapun nama-namanya adalah sebagai berikut, satu, Airlangga Hartarto yang diusung oleh Partai Golkar. Dua, Erick Thohir yang diusung oleh Partai Amanat Nasional," ujar Herzaky lewat keterangannya, Senin (9/10/2023).

Dua nama lainnya adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Lalu muncul belakangan nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement