Kamis 12 Oct 2023 20:02 WIB

Sumbar Gandeng Indosat Kembangkan Smart City di Sumbar

Solusi Smart City dari Indosat Business menyediakan beragam teknologi berbasis AI.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Friska Yolandha
Indosat Ooredoo Hutchison sebagai perusahaan telekomunikasi digital dan penyedia teknologi melalui Indosat Business membantu mewujudkan konsep Smart City di Sumatera Barat.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Indosat Ooredoo Hutchison sebagai perusahaan telekomunikasi digital dan penyedia teknologi melalui Indosat Business membantu mewujudkan konsep Smart City di Sumatera Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Indosat Ooredoo Hutchison sebagai perusahaan telekomunikasi digital dan penyedia teknologi melalui Indosat Business membantu mewujudkan konsep Smart City di Sumatera Barat. Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah, mengatakan Indosat Business sebelumnya dikenal dengan konektivitas dan jaringan, namun kini juga mengembangkan konsep Smart City di Indonesia.

"Kita akan berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar, tentu juga dengan semua pemkab/kota, terutama dalam menyediakan ICT solution, sebuah solusi teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya dengan Smart City," kata Muhammad Buldansyah saat Government Gathering, Indosat Smart City Forum di Padang, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan, solusi Smart City dari Indosat Business menyediakan beragam teknologi berbasis artificial intelligence (AI) dan IoT (Internet of Things) yang dapat diterapkan oleh pemerintah daerah. Mulai dari video analytics serta aplikasi pelaporan yang terintegrasi dengan CCTV, laporan masyarakat, serta laporan dari satuan unit kerja Pemda yang memudahkan untuk memantau kondisi kota secara real-time.

"Indosat Business juga menyediakan aplikasi E-Gov untuk pelayanan kepada masyarakat seperti Dukcapil, PPOB, pembayaran pajak, tiket wisata, dan lain-lain," ucap Buldansyah.

 

Solusi digital lainnya untuk pengembangan konsep masa depan Smart City dari Indosat Business lanjut Buldansyah adalah Smart Lighting untuk PJU, Smart Public Transport, serta  Smart Power & Water monitoring.

Aktivitas solusi digital itu semuanya dapat dilihat secara menyeluruh dalam satu dashboard secara real-time, sehingga para pemangku kepentingan bisa melihat, mengatur, mengawasi kondisi kota setiap saat, untuk dapat lebih melayani publik dengan baik.

Selain itu, ada juga Command Center, sebuah ruangan pusat visualisasi data yang diperoleh, baik itu secara online, offline, internal maupun eksternal yang dapat dikelola dan ditampilkan di dalam layar lebar.

Indosat Business sebagai partner yang paling terpercaya untuk pembangunan Smart City di Indonesia itu terus mencari peluang dalam berbagai kegiatan, untuk mewujudkan kolaborasi dengan pemerintah provinsi Sumatera Barat di masa mendatang.

Karena itu, pihaknya melakukan komunikasi secara terus menerus dengan Dinas Komunikasi dan Informatika TIK Sumbar, guna membantu merealisasikan smart city di seluruh kota/kabupaten di provinsi itu.

Kepala Dinas Kominfo TIK Sumbar, Siti Aisyah, menyambut baik kolaborasi yang ditawarkan Indosat Business  untuk mewujudkan Smart City.

Menurut Siti Aisyah, hal itu sesuai dengan visi dan misi pemerintah provinsi Sumatera Barat yang ingin mewujudkan provinsi Madani unggul dan berkelanjutan, serta tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan berkualitas.

"Namun ini tergantung komitmen kita semua, kalau tidak ada komitmen, maka tidak ada nampak perbedaannya yang mana Smart City dan yang belum," kata Siti.

Ia menilai, semakin semakin pesat teknologi, maka semakin pesat serangan keamanannya, sehingga ini harus diperluas dan diperkuat.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement