Kamis 12 Oct 2023 17:10 WIB

Dosen FTI UNM Beri Pelatihan E-Learning Bagi Pengurus JPRMI

Pelatihan diberikan untuk memperkenalkan sistem pembelajaran e-learning.

Dosen FTI UNM memberikan pelatihan e-Learning kepada para Jaringan Pemuda Remaja Muslim Indonesia (JPRMI).
Foto: Dok. UNM
Dosen FTI UNM memberikan pelatihan e-Learning kepada para Jaringan Pemuda Remaja Muslim Indonesia (JPRMI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi bagi dosen. Dosen perguruan tinggi berkewajiban melaksanakan tri dharma dengan berbagi pengetahuan pada masyarakat, disesuaikan pada tingkat kebutuhan kelompok masyarakat tersebut. 

Kali ini, tim dosen dan mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses memberikan pelatihan berupa penerapan e-learning pada Jaringan Pemuda Remaja Muslim Indonesia (JPRMI), di Gedung Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara. Para tim sukses melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan berupa penerapan e-learning di era milenial pada JPRMI.

Baca Juga

Dosen FTI UNM dan Ketua Pelaksana Eva Zuraidah mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi mengharuskan masyarakat mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan dan kemajuan zaman, termasuk dalam cara menerapkan pembelajaran yang efektif di era milenial ini.

“Untuk membantu memperkenalkan sistem pembelajaran e-learning berbasis LMS maka kami dosen dan mahasiswa FTI UNM memberikan pelatihan ini, agar dapat memberikan wacaana dan pengetahuan tambahan bagi pengurus JPRMI,” ungkapnya, dalam rilis yang diterima, Kamis (12/10/2023).

Pada kesempatan ini, Eko Setia Budi selaku tutor menjelaskan bahwa dengan pembelajaran berbasis e-learning mendukung teori belajar sibernetik yang menekankan pada proses pengolahan informasi melalui teknologi sehingga melatih kemandirian dan kemampuan belajar peserta didik.

“Kemunculan teknologi mampu membantu sistem pembelajaran yang efektif di masyarakat salah satunya dengan e-learning berbasis Learning Management System (LMS) Moodle yang menjadi sebuah jawaban atas pemanfaatan perkembangan teknologi untuk meningkatkan layanan pembelajaran,” kata Eko.

Sementara itu, Muklis sebagai Ketua JPRMI DKI Jakarta mengungkapkan rasa terima kasih atas kepedulian tim dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri yang telah berbagai pengetahuan dan memberikan banyak saran, sehingga pelatihan ini mampu mensukseskan berbagai kegiatan kami.

“Sebagai organisasi di masyarakat, JPRMI membutuhkan banyak pengetahuan melalui berbagai pelatihan, salah satunya dari pelatihan yang diberikan oleh dosen dari UNM ini. Hal ini tentu sangat bermanfaat dan berguna bagi kami,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement