Kamis 12 Oct 2023 12:10 WIB

Sebagian Wilayah di Sumatra Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini, Ini Daftarnya

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di Sumut.

Peta potensi gelombang tinggi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin (7/8/2023)
Foto: Antara
Peta potensi gelombang tinggi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin (7/8/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan sebagian wilayah Sumatra Utara berpotensi diguyur hujan. Hujan diperkirakan akan mengguyur dengan intensitas sedang hingga lebat pada Kamis sore dan malam hari.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai karena dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba di Medan, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga

Secara umum, cuaca di Sumatra Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan hujan ringan. Yakni di wilayah Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tebing Tinggi, Sergai, Asahan, Batubara, Toba, Simalungun, Samosir, Tapteng, Sibolga, Humbahas, dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatra Utara. Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapteng, Sibolga, Taput, Samosir, Humbahas, Tapsel, Palas, Madina, dan sekitarnya.

 

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatra Utara. Potensi hujan lebat terjadi di sejumlah wilayah.. Antara lain, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Samosir, Toba, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, P Sidempuan. Selanjutnya di Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Kepulauam Nias, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan.

Dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Wilayah di wilayah Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu Selatan, Kepulauan Nias, dan sekitarnya. Sementara suhu udara 17-33,0 derajat Celsius, kelembaban udara 60-97 persen dan angin berhembus dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 km/jam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement