Senin 09 Oct 2023 16:21 WIB

Pemuda Didorong Berpartisipasi Aktif dalam Proses Pemilu yang Demokratis

Selain itu mereka juga perlu bekerja sama dengan generasi lain.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Diskusi Pemuda dan Pemilu Peran Pemuda dalam Menentukan Masa Depan Politik, di Raizen Kafe, Duren Sawit, Jakarta, Ahad (8/10/2023).
Foto: Dok. Rep
Diskusi Pemuda dan Pemilu Peran Pemuda dalam Menentukan Masa Depan Politik, di Raizen Kafe, Duren Sawit, Jakarta, Ahad (8/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP BMK57 Kemas Ilham Akbar mendorong agar pemuda turut berpartisipasi aktif dalam proses pemilu yang demokratis, jujur dan berkeadilan. Itu karena, selain sebagai agen perubahan, pemuda juga harus menjadi agen pembaharuan.

Menurut Kemas keterlibatan pemuda bisa dalam bentuk partisipasi di partai politik. Bahkan ia mendorong agar pemuda berani mencalonkan diri untuk duduk di jabatan politik. Mereka diyakini dapat membawa pemikiran segar dan perspektif berbeda ke dalam dunia politik.

Baca Juga

"Jadi pemuda selain menjadi agen perubahan, harus juga menjadi agen pembaharuan dengan cara turut berpartisipasi aktif dalam proses pemilu yang demokratis," ia menegaskan dalam diskusi Pemuda dan Pemilu: Peran Pemuda dalam Menentukan Masa Depan Politik, di Raizen Kafe, Duren Sawit, Jakarta, Ahad (8/10/2023).

Standup Comedian dan Conten Creator, Duto Triadjie mengatakan, anak muda agar tidak apatis terhadap negara sendiri. Jika pemuda mengambil sikap apatis, menurut Duto dikhawatirkan pemerintahan akan dikuasi oleh orang-orang apatis dan tidak mempunyai kepedulian kepada masyarakat.

"Itu bisa di atasi dengan kalian nih para pemuda-pemuda yang punya intergritas untuk ikut memilih supaya orang-orang yang cuma mau duitnya gak terpilih kedepannya," katanya.

Pemuda merupakan kelompok pemilih yang besar di Indonesia. Keterlibatan pemuda dalam pemilihan umum dan pemilihan lokal penting dalam menentukan arah politik negara. Pemuda dapat menggunakan hak pilih mereka untuk memilih pemimpin yang mewakili nilai-nilai dan visi yang mereka yakini.

Staf khusus Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Alia Noorayu Laksono mengatakan pemuda memiliki potensi besar untuk membentuk masa depan politik Indonesia. Namun, kata Alia, penting bagi mereka untuk terlibat secara aktif di dalamnya dengan mengedepankan nilai-nilai demokrasi, mendukung isu-isu yang mereka pedulikan.

Selain itu mereka juga perlu bekerja sama dengan generasi lain untuk membangun masyarakat yang lebih baik dan politik yang lebih inklusif. Maka dari itu Alia mengajak pemuda ikut berperan dalam segala aktivitas yang bertujuan untuk kebaikan bangsa salah satunya dengan bertisipasi di dalam pesta demokrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement