Sabtu 07 Oct 2023 14:14 WIB

Kabut Asap di Batam Diprediksi Terjadi Hingga Ahad

Kualitas udara di Batam pada Sabtu tergolong kategori tidak sehat.

Kabut asap menyelimuti kawasan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (10/9/2019).
Foto: Antara/MN Kanwa
Kabut asap menyelimuti kawasan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (10/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Kota Batam, Provinsi Kepulauan memprediksi kabut asap terjadi hingga Ahad (8/10/2023).

"Besok pagi sampai siang hari masih diprediksi terjadi asap," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Hang Nadim Batam Suratman di Batam, Sabtu (7/10/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan terjadinya kabut asap di Kota Batam karena arah angin saat ini bertiup dari tenggara. "Karena tidak ada laporan kebakaran lahan di Batam," ujar dia.

Terkait dengan jarak pandang sektor penerbangan di Kota Batam saat ini sudah berkurang cukup banyak, yaitu sekitar 4,5-5 km.

"Biasanya 10 Km. Semakin jauh jarak pandang mendatar, maka semakin terang, terlihat jelas. Karena sekarang cuacanya sedang asap, maka jarak pandang mendatarnya berkurang atau nilai jarak pandang semakin kecil," kata Suratman.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam menyebutkan kualitas udara pada Sabtu tergolong kategori tidak sehat dengan nilai indeks standar pencemaran udara (ISPU) 111. Masyarakat diimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Kepala Bidang Perlindungan Lingkungan Hidup DLH Kota Batam IP mengatakan imbauan tersebut ditujukan khusus kepada masyarakat yang berisiko tinggi asma, lansia, anak-anak, serta ibu hamil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement