Rabu 04 Oct 2023 19:13 WIB

Jelang KTT AIS 2023, Kakorlantas Polri: Bali Siap Sambut Tamu Negara 

KTT AIS akan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Kakorlantas buka persiapan KTT AIS.
Foto: dok web
Kakorlantas buka persiapan KTT AIS.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Bali akan menjadi lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara Pulau (AIS). Nantinya para tamu dari berbagai negara akan datang ke sana.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi didampingi Kapolda Bali Irjen Pol Bagus Putra membuka Latihan Pra Operasi Tribrata Agung-2023.

Baca Juga

Acara itu mengusung tema "Meningkatkan Kemampuan Personel Polri Dalam Rangka Pengamanan Kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Negara Pulau dan Kepulauan Archipelagic and Island States (AIS) tahun 2023 Guna Tercapainya Situasi yang Aman dan Kondusif" di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Bali, pada Rabu (4/10).

Dalam sambutannya Kakorlantas Polri menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan internasional KTT AIS merupkan agenda prioritas nasional dan menjadi tanggung jawab TNI, Kepolisian, serta stakeholder terkait dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyelenggaraan rangkaian kegiatan KTT AIS yang akan berlangsung pada tanggal 10-11 Oktober 2023, dan bertempat di Nusa Dua, Bali.

"Yang pertama latihan pra operasi itu biasa kita laksanakan menjelang operasi-operasi yang akan kita lakukan untuk memastikan pengecekan kekuatan, karena ini berada di luar lokasi beberapa satuan kerja yang kita mintakan bergabung tentunya ini menjadi sarana untuk konsolidasi," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Dalam hal ini, Firman menambahkan seluruh anggota yang dilibatkan pada satgas harus berkolaborasi. Nanti akan melihat secara langsung di lapangan untuk memastikan kelancaran pada saat nanti pengamanan.

"Secara umum kita tentunya berjalan dari penyiapan masyarakat yang kita menjemput dengan preemtif untuk memastikan Bali dan masyarakatnya siap menerima tamu, tetap sama-sama menjaga situasi yang kondusif, ini penting kita sebagai tuan rumah untuk memastikan Kamtibmas di sini untuk mendukung kegiatan KTT AIS yang akan dilaksanakan," tegas Kakorlantas Polri. 

Terdapat segi preventif dimana nanti dari Polisi Satwa, Sabhara yang patroli dengan penjagaan-penjagaan juga akan digelar, termasuk Polisi Lalu Lintas yang nanti akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, salah satunya dengan penyiapan jalur, merekayasa beberapa titik apabila ada khusus pengalihan arus.

 

"Kita berharap di sini ada kerjasama yang baik antara kita dengan masyarakat yang nanti akan melalui jalan yang sama tentunya ketika rombongan akan menuju atau kembali ke satu lokasi yang akan digunakan oleh selama kegiatan itu bisa berjalan dengan baik sisi kelancaran lalu lintasnya," tutup Irjen Pol Firman Shantyabudi.

 

Selanjutnya, Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Irjen Pol Bagus Putra juga mengunjungi langsung 91 Command Center ITDC Nusa Dua Bali untuk memastikan langsung kegiatan pemantauan yang sudah terintegrasi melalui Command Center guna mewujudkan Kamseltibcarlantas selama pelaksanaan KTT AIS di Bali. 

 

Irjen Pol Firman Shantyabudi juga berdiskusi langsung dengan Kaskogab TNI Angkatan Laut terkait persiapan pengamanan yang akan diterapkan saat berjalannya KTT AIS.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement