Selasa 03 Oct 2023 18:19 WIB

Kemarau Parah, Segini Jumlah Cadangan Air Tanah dan Kepastian Musim Hujan

Menteri PU menjelaskan cadangan air irigasi hadapi El Nino mencapai 2,9 miliar kubik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono mengatakan Indonesia masih menyimpan persediaan air sekitar 2,9 miliar meter kubik untuk kebutuhan irigasi pertanian di tengah fenomena El Nino.

"Kalau saya laporkan tadi, penyediaan air masih ada air 2,9 miliar untuk 81 persen irigasi," kata Basuki di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, usai menghadiri agenda rapat terbatas mitigasi dampak fenomena El Nino yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga

Basuki memastikan lahan pertanian seluas 770 ribu hektare di Indonesia masih bisa dialiri oleh air dari bendungan di sekitarnya.

"Biasanya yang kering yang di perkotaan. Yang irigasi masih aman," katanya.

 

Sumber persediaan air tersebut disuplai dari 3.464 embung di sekitar daerah yang memiliki irigasi. Sumber lainnya dipasok dari 332 setu, 8.213 sumur untuk kebutuhan irigasi pertanian.

"Dari segi itu masih aman," katanya.

Dalam kesempatan itu, Basuki memastikan aktivitas Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Indonesia tidak terdampak kekeringan dan masih beroperasional normal.

"Karena ada prioritasnya, terutama di bendungan, karena PLTA kan bukan di embung-embung, tapi di bendungan," katanya.

Saat disinggung terkait wilayah yang dilanda kekeringan, Basuki mengatakan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) situasi itu terdeteksi berada di daerah selatan khatulistiwa.

Terkait sejumlah lahan pertanian yang dilanda kekeringan, Basuki memastikan kondisinya masih relatif aman, karena hujan diprakirakan mengguyur lahan tersebut pada November 2023.

"Aman. November itu akan ada hujan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement