Senin 02 Oct 2023 15:25 WIB

Megawati Dianugerahi Doktor Kehormatan Universiti Tunku Abdul Rahman Malaysia

Ijazah tersebut diserahkan dalam seremoni yang digelar secara terbuka.

Megawati Soekarnoputri dianugerahi Doktor Kehormatan Universiti Tunku Abdul Rahman Malaysia.
Foto: Dok Republika
Megawati Soekarnoputri dianugerahi Doktor Kehormatan Universiti Tunku Abdul Rahman Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR -- Universiti Tunku Abdul Razak (UTAN) menganugerahi gelar doktor kehormatan (Honorary Dictorate/HC) kepada Presiden Kelima RI Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri, dalam bidang ilmu sosial, dalam upacara di kampus di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (2/10/2023).

 

Baca Juga

Ijazah tersebut diserahkan dalam seremoni yang digelar secara terbuka.

“Dengan kuasa diberikan kepada saya, saya dengan ini menganugerahkan ijazah kehormatan sosial sains, dicror of social sciece, kepada Profesor Doktor Megawati Soekarnoputri, dengan semua hal dan keistimewaan anugerah tersebut,” kata Tan Sri Dato’ Seri Dr. Ting Chew Peh, Ketua Senat Guru Besar UTAN.

Sebelum pemberian gelar, Prof. Dato’ Dr. Ewe Hong Tat, Presiden Universiti Tunku Abdul Rahman, menyampaikan pidato mengenai pemberian gelar itu.

Menurut Prof.Hong Tat, gelar Doktor Kehormatan UTAR merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh universitas dalam mendukung kontribusi luar biasa Megawati kepada masyarakat, dan keberhasilan luar biasa dalam bidang pekerjaannya, yang juga secara signifikan memajukan misi dan nilai-nilai universitas. 

“Penerimaan gelar doktor kehormatan ini okrg Prof Dr (HC) Hj Megawati sangat berarti bagi universitas; karena ini adalah gelar Doktor Kehormatan Ilmu Sosial pertama yang diberikan oleh UTAN,” kata Prof.Hong Tat.

Dia melanjutkan, Megawati telah memberikan kontribusi sosial yang signifikan dan mendukung kemajuan ilmu-ilmu sosial di Republik Indonesia. Melalui inisiatifnya yang penuh dedikasi, baik di masa lalu maupun sekarang, Megawati telah membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Dan beliau telah menunjukkan pemahaman yang mendalam mengenai isu-isu yang mempengaruhi masyarakat dan komunitas,” ujarnya.

Selain itu, Megawati juga dinilai telah mengatasi banyak tantangan sepanjang karirnya. Dan hasil dari tantangan ini mencerminkan pemikiran dan kepeduliannya terhadap masyarakat dan kesejahteraan mereka dalam menghadapi kemajuan. 

“Beliau telah memberikan teladan nyata bagi perempuan dengan mengatasi norma dan persepsi, dan dengan melibatkan diri secara aktif dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof.Hong Tat mengatakan Megawati juga telah membantu mendorong perdamaian dan pertumbuhan regional, serta memperkuat hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia. 

Di bawah pemerintahan Megawatis saat jadi presiden, Indonesia mendukung Deklarasi ASEAN tentang Aksi Bersama pada tahun 2001 untuk melawan terorisme, menandatangani MoU tentang penyediaan gas alam ke Malaysia, dan pembentukan konsorsium untuk meningkatkan harga karet di pasar internasional.

“Dengan penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan yang berkesan oleh UTAR ini, saya berharap Prof Dr (HC) Hj Megawati terus diingatkan akan karya baiknya untuk masyarakat; jasanya, sumbangsihnya dan prestasinya yang akan selalu tercatat dalam sejarah. Ini juga akan menjadi momen penting yang mengukir persahabatan dan saling pengakuan antara Malaysia dan Indonesia,” urai Hong Tat.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Prof Dr (HC)Hj Megawati atas gelar Doktor Kehormatan Ilmu Sosial, dan saya dengan tulus menyambut beliau sebagai anggota terhormat Universiti Tunku Abdul Rahman,” pungkasnya.

Di acara itu, Megawati didampingi putranya M. Rizki Pratama, putrinya Puan Maharani, cucu, dan para sahabat dekatnya.

Mantan Menteri ESDM dan Menteri Pertahanan RI Prof.Dr.Purnomo Yusgiantoro hadir di acara. Selain itu, hadir juga Kepala BPIP, Prof. Yudian Wahyudi, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dan Wakil Kepala BRIN Amarulla Octavian. Tampak juga Indera Hermono, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia.

Dari jajaran partai, hadir Ketua DPP PDIP bidang luar negeri Ahmad Basarah dan Ketua DPP PDIP bidang kelautan dan perikanan Prof.Dr.Rokhmin Dahuri. Turut hadir pula sejumlah Anggota Fraksi PDIP di DPR, antara lain Diah Pitaloka, Charles Honoris dan Mufti Aimah Nurul Anam.

Jajaran UTAN sendiri dipimpin oleh Tun Dr. Ling Liong Sik, Canselor Universiti Tunku Abdul Rahman; Prof. Azlinda binti Azman yang merupakan Ketua Pengarah Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia; Tan Sri Dato’ Seri Dr. Ting Chew Peh yang merupakan Ketua Senat Guru Besar; hingga Prof. Dato’ Dr. Ewe Hong Tat, yaitu Presiden Universiti Tunku Abdul Rahman.

Puluhan mahasiswa UTAN, termasuk yang dari Indonesia juga hadir di lokasi penganugerahan.

Menurut Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, gelar doktor kehormatan dari UTAR ini adalah gelar yang kesepuluh.

"Ini menjadi gelar doktor kehormatan ke-10 bagi Ibu Megawati. Penganugerahan gelar doktor kehormatan ini merupakan pengakuan atas kontribusi Ibu Megawati di bidang sosial, pendidikan, inovasi dan penelitian. PDI Perjuangan sangat bangga dengan pemberian gelar doktor ke-10 kepada Ibu Megawati Soekarnomputri,” kata Hasto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement