Senin 02 Oct 2023 08:19 WIB

Jakarta Jadi Kota dengan Kualitas Udara Terburuk Kedua di Dunia pada Senin Pagi

Indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 162 atau masuk kategori tidak sehat.

Warga mengambil bibit pohon gratis saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (1/10/2023). Acara yang bertajuk Gotong Royong Boyong Pohon yang diselenggarkan oleh Kementerian BUMN itu digelar dengan membagikan bibit pohon gratis yang terdiri dari jeruk, mangga, jambu, durian, dll itu kepada masyarakat. Tujuan gerakan sosial ini adalah menanam pohon sebanyak-banyaknya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta dan sekitarnya di masa depan.
Foto:

Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta menyampaikan perkembangan jumlah gedung-gedung di DKI Jakarta yang sudah memasang water mist generator. Pemasangan alat penyemprotan air bertekanan tinggi dari atas gedung tersebut dilakukan sejak akhir Agustus 2023 lalu sebagai upaya untuk menekan polusi udara di Ibu Kota.  

"Sampai dengan 29 September 2023, jumlah water mist yang terpasang sebanyak 125 unit yang berlokasi di 109 gedung, baik gedung pemerintah maupun swasta," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangannya, dikutip Senin (2/10/2023).  

Perincian dari jumlah gedung yang telah memasang water mist yakni di Balai Kota DKI Jakarta terpasang sebanyak dua unit, Jakarta Pusat sebanyak 17 gedung dengan total 17 unit terpasang, dan Jakarta Utara ada enam gedung dengan total tujuh unit terpasang. 

Lalu, di Jakarta Barat ada 32 gedung dengan total 47 unit terpasang. Di Jakarta Selatan terpasang di 46 gedung dengan total 46 unit water mist. Kemudian, di Jakarta Timur ada enam gedung dengan total enam unit water mist yang terpasang.

"28 unit water mist sedang berproses dan segera dioperasikan untuk memperkuat upaya memperbaiki kualitas udara," lanjut Ani. 

photo
Tiga Opsi Solusi Atasi Polusi Udara Jakarta - (Infografis Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement