Selasa 26 Sep 2023 16:52 WIB

Kaesang Jadi Ketum, Pengamat: PSI Jadi Partai Utamakan Gimmick

Pengamat sebut dengan Kaesang jadi Ketum, PSI jadi partai mengutamakan gimmick.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi jadi Ketua Umum PSI periode 2023-2028. Pengamat sebut dengan Kaesang jadi Ketum, PSI jadi partai mengutamakan gimmick.
Foto: Republika/ Nawir Arsyad Akbar
Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi jadi Ketua Umum PSI periode 2023-2028. Pengamat sebut dengan Kaesang jadi Ketum, PSI jadi partai mengutamakan gimmick.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari lembaga Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai Partai Solidaritas Indonesia (PSI) saat ini sedang membangun identitas partai yang mengedepankan gimmick. Ia menyampaikan itu setelah PSI menetapkan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep sebagai ketua umum.

"PSI terkesan ingin membangun identitas sebagai partai gimmick, mendahulukan sensasi politis dibanding menguatkan politik subtansial yang sejak awal dikesankan sebagai partai baru dan melawan hegemoni partai-partai lama," ujar Dedi dalam keterangannya, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

Dedi pun menilai keputusan politik PSI ini makin membuat nuansa subtansial partai itu kian luruh. Sebab, hal itu membuat PSI menjadi partai yang tidak memiliki identitas jelas.

"Kondisi ini membuat PSI tidak miliki identitas yang tegas, mereka hanya jadi partai yang jadi bahan tertawaan partai lama," ujarnya.

Namun demikian, Dedi menilai keputusan PSI mendapuk Kaesang sebagai hal yang cerdik. Hal ini karena akses tanpa batas Kaesang ke Presiden Joko Widodo dapat dimanfaatkan PSI untuk kepentingan politiknya.

"Kaesang adalah putra Presiden yang tentu saja punya akses Istana tanpa batas, PSI bisa memanfaatkan itu untuk kepentingan politik. Kedua, Kaesang masih muda sehingga masih mudah dipengaruhi dan dijanjikan kekuasaan, dengan janji itu dimungkinkan Kaesang akan turut serta membantu PSI, termasuk soal sokongan logistik," ujarnya.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha. Putusan tersebut dibacakan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement