Ahad 24 Sep 2023 21:10 WIB

Dishub DIY Tekan Emisi di Sumbu Filosofi Yogyakarta

Dishub DIY akan menekan emisi dan kemacetan di sumbu filosofi Yogyakarta.

Miniatur Sumbu Filosofi Yogyakarta yang berada di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (19/9/2023). Dishub DIY akan menekan emisi dan kemacetan di sumbu filosofi Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Miniatur Sumbu Filosofi Yogyakarta yang berada di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (19/9/2023). Dishub DIY akan menekan emisi dan kemacetan di sumbu filosofi Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya menekan emisi karbon dan kemacetan di kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia, melalui sejumlah program.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan program itu antara lain diwujudkan dengan memproyeksikan kawasan Malioboro menjadi full pedestrian atau khusus pejalan kaki.

"Saya kira itu akan menjadi bagian penting mewujudkan kawasan sumbu filosofi yang rendah emisi," ujar Made akhir pekan lalu.

Dari sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta yang menghubungkan Panggung Krapyak, Keraton, dan Tugu Yogyakarta, menurut Made, kawasan Malioboro bakal menjadi segmen pertama dalam implementasi program itu.

"Memang Sumbu Filosofi itu dari Panggung Krapyak sampai dengan Tugu, tapi kami masih mengambil untuk segmentasi yang ada di kawasan Malioboro," kata dia.

Saat Malioboro resmi menjadi pedestrian total pada 2025, kendaraan yang boleh melintas di kawasan wisata belanja itu hanya kendaraan tradisional dan kendaraan tidak bermotor sehingga bebas emisi gas buang.

"Untuk kendaraan tradisional adalah yang memang betul-betul tidak menggunakan motor, ya, seperti becak kayuh, andong, dan sepeda juga memungkinkan untuk melintas," kata Made.

Untuk mendukung program itu, Dishub DIY juga bakal memproduksi becak kayuh bertenaga alternatif atau penguat yang bakal dioperasikan di kawasan itu.

Pada 2023, becak kayuh bertenaga alternatif ditargetkan diproduksi sebanyak 50 unit setelah prototipe atau puwarupanya dinyatakan lolos uji di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta.

Tidak hanya itu, angkutan massal berupa bus listrik juga disiapkan untuk melayani masyarakat yang ada di kawasan Malioboro guna mendukung kawasan Sumbu Filosofi rendah emisi.

Menurut Made, ke depan program menekan emisi karbon bakal diterapkan secara menyeluruh di sepanjang Sumbu Filosofi seiring dengan penataan kawasan itu yang melibatkan lintas sektor termasuk Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Bantul.

"Penataan itu kan bukan hanya persoalan transportasi tapi juga aktivitas ekonomi yang ada di sekelilingnya, termasuk juga kantong-kantong parkir yang nantinya disediakan," kata dia.

Upaya menekan polusi udara dan kemacetan di kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta masuk dalam rencana pengelolaan (management plan) Sumbu Filosofi Yogyakarta yang sebelumnya telah disusun Pemda DIY sebagai salah satu syarat pengajuan warisan budaya dunia ke UNESCO.

Sekretaris Dinas Kebudayaan DIY Cahyo Widayat menjelaskan dalam management plan itu disebutkan langkah pertama yang dilakukan Pemda DIY adalah mengurangi tekanan lingkungan mulai dari kemacetan lalu lintas, polusi udara, serta tekanan pembangunan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement