Jumat 22 Sep 2023 21:12 WIB

Pj Walkot Bandung Usulkan Masa Darurat Sampah Diperpanjang

Pj Walkot Bandung Bambang Tirtoyuliono mengusulkan masa darurat sampah diperpanjang.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Alat berat mengeruk tumpukan sampah di TPS Cibeunying, Kota Bandung. Pj Walkot Bandung Bambang Tirtoyuliono mengusulkan masa darurat sampah diperpanjang.
Foto: Republika/ Dea Alvi Soraya
Alat berat mengeruk tumpukan sampah di TPS Cibeunying, Kota Bandung. Pj Walkot Bandung Bambang Tirtoyuliono mengusulkan masa darurat sampah diperpanjang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengusulkan kepada Pemprov Jabar untuk memperpanjang masa darurat sampah. Ia mengatakan masa darurat sampah akan berakhir pada tanggal 24 September.

"Kita lakukan evaluasi kemarin, sampai dengan habisnya masa darurat itu sampai dengan 24 september. Nah, kita lakukan evaluasi rapat kemudian bagaimana kita menyikapi itu dan kesimpulannya adalah kita mencoba mengusulkan untuk memperpanjang masa kedaruratan," ucap dia, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga

Selama masa darurat sampah, ia mengatakan Pemkot Bandung tidak hanya ingin melakukan penanganan sampah dalam jangka pendek, tapi juga menciptakan penanganan jangka menengah dan panjang.

"Penanganan jangka pendek, menengah, dan panjang ini menjadi penting sekali, karena kita adalah perkotaan, fenomena perkotaan itu untuk urusan sampah sangat spesifik," kata dia.

Bambang mengatakan apabila penanganan sampah tidak direncanakan sejak awal maka berpotensi kedaruratan sampah akan terulang. Ia mengaku tengah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat terkait waktu usulan masa perpanjangan darurat sampah.

"Yang pasti bahwa Kota Bandung dengan situasi sampah yang masih belum bisa tertangani kita wajib mengusulkan untuk memperpanjang," kata dia.

Ia menuturkan program penanganan sampah jangka pendek dan menengah akan dibahas oleh tim satgas. Namun, lebih jauh Bambang mengajak masyarakat harus bersama-sama melakukan penanganan sampah di masa darurat sampah.

Ke depan, ia berharap penanganan sampah bisa berjalan kondusif. Selain itu ke depan pengelolaan Kota Bandung diharapkan mendapatkan dukungan dari semua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement