Senin 18 Sep 2023 08:13 WIB

Kapuspen Jelaskan yang Dimaksud Panglima TNI Piting Warga Adalah Merangkul

Kata Julius, kadang-kadang bahasa prajurit itu suka disalahartikan oleh masyarakat.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama masyarakat.
Foto: Dok Puspen TNI
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah video berisi pernyataan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono viral di berbagai kanal media sosial, khususnya X. Dalam video tersebut, Laksamana Yudo menyampaikan instruksi kepada komandan satuan bawahan terkait penanganan demo massa di wilayah Rempang, Kota Kepulauan Riau. 

Video itu menjadi viral di masyarakat karena terdapat pernyataan Panglima yang memerintahkan prajuritnya untuk memiting masyarakat yang melakukan aksi demonstrasi. Piting adalah teknik menggunakan tangan untuk mebuat orang lain tidak bisa bergerak akibat lehernya dikunci.

Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono mengatakan, ada salah pemahaman dari masyarakat atas pernyataan tersebut. Menurut dia, konteks yang disampaikan Panglima TNI berbeda. 

"Jika dilihat secara utuh dalam video tersebut, Panglima TNI sedang menjelaskan bahwa demo yang terjadi di Rempang sudah mengarah pada tindakan anarkisme yang dapat membahayakan baik aparat maupun masyarakat itu sendiri, sehingga meminta agar masing-masing pihak untuk manahan diri," ujar Julius di Ruang Balai Wartawan Puspen TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (18/9/2023).

Julius menyampaikan, Panglima TNI menginstruksikan kepada komandan satuan untuk melarang prajurit menggunakan alat atau senjata, dalam mengamankan aksi demo Rempang. Hal tersebut dilakukan demi menghindari korban.

Sehingga, lebih baik menurunkan prajurit lebih banyak dari pada menggunakan peralatan yang bisa mematikan. "Panglima mengatakan, jangan memakai senjata, tapi turunkan personel untuk mengamankan demo itu," ujarnya.

Terkait bahasa piting atau memiting itu, Julius menegaskan, sebenarnya hal itu hanya bahasa prajurit. Pasalnya, pernyataan tersebut disampaikan di forum prajurit, yang berarti setiap prajurit 'merangkul' satu masyarakat agar terhindar dari bentrokan.

"Kadang-kadang bahasa prajurit itu suka disalahartikan oleh masyarakat yang mungkin tidak terbiasa dengan gaya bicara prajurit," sambungnya.

Kesalahan tafsir...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement