Ahad 17 Sep 2023 23:00 WIB

Peneliti Senior Voxpopuli Sebut Prabowo Capres Paling Rasional Dipilih

Prabowo dinilai memiliki integritas dan loyalitas

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Prabowo dinilai memiliki integritas dan loyalitas
Foto: Republika/Flori Sidebang
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Prabowo dinilai memiliki integritas dan loyalitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut calon presiden (Capres) yang paling rasional untuk dipilih pada Pilpres 2024 mendatang. 

Dari ketiga kandidat Capres yang akan berlaga, hanya Prabowo yang dipastikan masuk ke putaran berikutnya. 

Baca Juga

Peneliti Senior Voxpopuli Research Center, Prijo Wasono, mengatakan Prabowo merupakan Capres yang akan mendapatkan limpahan suara dari pendukung Capres PDIP, Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan bila masuk ke putaran kedua.   

Oleh karena itu, menurutnya Prabowo merupakan alternatif yang paling tepat untuk dipilih pada Pilpres 2024 mendatang. 

“Prabowo masih menjadi pilihan jika hanya tersedia tiga kandidat yang berlaga,” kata Prijo, dalam keterangan di Jakarta, Ahad (17/9/2023).   

Kendati demikian, Prijo menekankan kubu Prabowo harus menentukan figur cawapres yang tepat. 

Hal itu lantaran, figur Cawapres yang tepat bisa turut serta mengangkat elektabilitas Prabowo lebih kuat dan bisa membuka peluang menang lebih besar pada Pilpres 2024. 

“Penentuan Cawapres berpotensi mengungkit elektabilitas, tetapi figur Capres menjadi yang paling menentukan sebagai modal awal dukungan,” ujarnya.

Selain menjadi capres paling rasional yang bisa dipilih pada Pilpres 2024, Prabowo dalam survei terbaru yang dilakukan Voxpopuli Research Center periode 1–7 September terbukti menempati peringkat pertama.  

Dia mengatakan berdasarkan survei bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto masih lebih unggul dari bakal capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam simulasi head-to-head.

Dalam simulasi tersebut Prabowo meraup lebih dari separuh dukungan publik dengan elektabilitas mencapai 52,3 persen. Sedangkan Ganjar hanya 31,8 persen, dan sisanya 15,9 persen tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga: Saat Anda Terbangun Malam Hari dan Ingin Tidur Lagi, Baca Doa Ini

"Dalam simulasi dua nama capres head-to-head, Prabowo unggul telak mengalahkan Ganjar," kata Prijo Wasono dalam keterangan tertulis, Jumat (15/9/2023).

Adapun tiga besar bakal capres favorit versi Voxpopuli Research Center yakni Prabowo Subianto dengan elektabilitas mencapai 26,2 persen. Ganjar Pranowo di urutan kedua dengan 24,3 persen dan Anies Baswedan dengan 16,1 persen di urutan ketiga.

Menurut Prijo, unggulnya Prabowo tercermin dari besarnya potensi migrasi para pemilih nama-nama capres lain di luar posisi tiga besar. Prabowo berhasil meraup tambahan hingga 10,6 persen dari pencapaian elektabilitas pada simulasi banyak nama.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement