Jumat 15 Sep 2023 19:56 WIB

Truk Sembako Nyungsep ke Jurang di Silaiang

Truk hilang kendali usai bertabrakan dengan minibus dan alami kerusakan rem.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi truk masuk jurang.
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Ilustrasi truk masuk jurang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG -- Satu unit truk sembako yang mengangkut minyak goreng terjun ke jurang di Silaiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat pada Jumat (15/9/2023) sore. Truk tersebut masuk jurang setelah hilang kendali akibat kerusakan pada bagian rem.

“Sebelum truk terjun ke jurang, sopir telah berusaha membenturkan ke dinding jalan bagian kanan. Tapi malah mengenai mobil avanza,” kata Kasat Lantas Polres Padang Panjang, AKP Aldy Lazzuardy.

Baca Juga

Aldy menceritakan setelah bertabrakan dengan mobil Toyota Avanza, truk Mitsubishi berwarna jingga itu terlihat remuk pada bagian depan. Lalu, sopir truk yang bekerja sendirian berusaha memasangkan pengganjal usai truk terhenti karena tabrakan.

Ketika ia hendak memasang pengganjal, truk tiba-tiba berjalan sendiri. Sopir truk berusaha menghentikan laju truk dengan memanjat ke bagian pintu. 

Sayangnya truk justru semakin kencang karena posisinya di turunan jalan. Sehingga truk kemudian masuk ke jurang. Minyak goreng kemasan yang dibawa truk tersebut ikut berserakan.

Untungnya sopir tersebut berhasil melompat menyelamatkan diri sebelum truk masuk jurang.

Satlantas Polres Padang Panjang kemudian tiba di lokasi untuk mengamankan keadaan. Kecelakaan tersebut juga menjadi tontonan pengguna jalan yang lewat. Akibat kejadian ini jalur Padang Panjang-Bukittinggi dan sebaliknya mengalami kemacetan.

Beberapa hari lalu tepatnya Selasa (12/9/2023) di lokasi yang tidak jauh berbeda di Kawasan Silaiang Kariang, juga terjadi kecelakaan tunggal truk pembawa pakan ternak ayam. Dua orang yang berada di dalam truk yakni sopir dan seorang penumpang mengalami luka serius akibat peristiwa itu.

AKP Aldy Lazzuardy menyebutkan hasil pemeriksaan truk mengalami masalah di bagian pengereman. Dijelaskannya, saat kejadian, truk Merk Hino nomor polisi BE 8376 AC tengah dalam perjalanan dari arah Kota Padang menuju Padang Panjang. Ketika melewati tanjakan Silaing Kariang, kendaraan yang di kendarai Rahman tersebut masalah pada rem. Mobil kehilangan kendali dan terbalik, setelah terseret sejauh sepuluh meter. Makanan ayam-pun berserakan. 

 "Mobil kehilangan kendali, terbalik dan masuk jurang. Dugaan akibat tidak berfungsinya pengereman," ujar Aldy.

 Sebelum masuk jurang, truk berwarna hijau itu sempat menabrak pembatas jalan yang ada di Tugu Brimob. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak melibatkan kendaraan lain dan tidak ada korban jiwa. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement