Jumat 15 Sep 2023 20:32 WIB

Merayakan Gerakan Grafiti Indonesia dan Asia, King Royal Pride 2023 Digelar di Jakarta

Festival tahun ini adalah yang ketiga.

Festival tahunan seni grafiti dan seni jalanan terkemuka, King Royal Pride.
Foto: Dok. Web
Festival tahunan seni grafiti dan seni jalanan terkemuka, King Royal Pride.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival tahunan seni grafiti dan seni jalanan terkemuka, King Royal Pride, kembali untuk tahun 2023. Festival itu diadakan dalam dua pekan berturut-turut, yaitu tanggal 9-10 September dan 16-17 September.

Festival tahun ini adalah yang ketiga yang mana rangkaian acara ini dipecah berbeda dari tahun sebelumnya, dengan harapan pada puncak rangkaian acara sebagian besar graffiti artist dari luar Jakarta maupun Indonesia berkumpul di satu titik tempat pusat acara yakni di Sunter, Jakarta Utara. Pekan pertama 9-10 September akan diadakan bersama di tiga negara, Indonesia, Taiwan, dan Singapura.

Baca Juga

Di Indonesia, festival ini akan melibatkan lebih dari 1.200 seniman yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka akan gambar serempak di 85 tembok besar di 85 kota, mulai dari Sumatra hingga Papua, dan melintasi 21 provinsi. 

Acara ini diselenggarakan oleh Diton King, dari PDifan Prima Paint, dan dikelola oleh Ideos sebagai marketing agensi dari Difan Group. Puncak acara King Royal Pride 2023 - Spray Asia akan berlangsung pada tanggal 16-17 September di Sunter, Jakarta. Dimana King Royal Pride mengundang seniman grafiti dari berbagai negara. 

 

Selain itu, acara ini juga akan dimeriahkan oleh musisi dan DJ lokal terkemuka, seperti Tuan 13, Yacko, Mario Zwinkle, Melantur, A2Kill, DJ Raggil, DJ BolsQ, Racun Kota, dan pertunjukan seni debus. Tak hanya itu, akan ada pameran seni grafiti dalam medium kanvas yang dipersembahkan oleh Toter Crew, Aram Kaleva dan Kicky, Graffiti Writer legendaris Indonesia yang diinisiasi oleh Diton King Gallery.

"King Royal Pride bukan sekadar festival seni grafiti, tetapi juga sebuah pergerakan dan selebrasi seniman grafiti yang merayakan keindahan seni jalanan dalam berbagai bentuknya. Acara ini memupuk semangat kerja sama dan ekspresi kreatif yang merangkul perbedaan lintas negara, budaya, dan kultur," kata project director kegiatan Ricky Yanuardi dan Elfira Soraya, seperti dinukil pada Jumat (15/9/2023). 

Ia mengatakan, kegiatan ini adalah wadah bagi seniman grafiti dan seni jalanan dari seluruh dunia untuk berkumpul, berbagi, dan merayakan keragaman seni grafiti. "Kami berharap acara ini akan terus menjadi tonggak penting dalam perkembangan seni grafiti di Indonesia dan kawasan sekitarnya dan membawa nama Indonesia lebih tinggi dalam peta urban art di seluruh dunia," kata Ricky. 

"Kami mengundang semua masyarakat, pencinta seni, dan mereka yang ingin merayakan keindahan seni jalanan untuk bergabung dalam King Royal Pride 2023 - Spray Asia. Acara akan diadakan di Jl Agung Karya VI No 5, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, atau bisa akses di Google Maps dengan nama King Royal Pride, ataupun di Instagram dan juga website www(dot)kingroyalpride(dot)com," ujar dia menambahkan. 

sumber : Youtube.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement