Jumat 15 Sep 2023 16:44 WIB

Sebut Pilih Anies-Muhaimin Bid'ah, Ini Klarifikasi Menag Yaqut Cholil Qoumas

Yaqut menegaskan penyebutan bid'ah terhadap pasangan Anies-Imin hanya candaan.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat konferensi pers usai menandatangani nota kesepahaman dengan KPU RI dan sejumlah pimpinan lembaga negara lainnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (15/9/2023).
Foto:

Candaan Anies-Imin

Yaqut melontarkan candaan soal pasangan Anies-Imin (Amin) itu ketika membuka orientasi PPPK Kemenag RI di Surabaya pada Rabu (13/9/2023). Dia melontarkan guyonan setelah mendengar pembawa acara menyebut nama Kepala Balitbang Diklat Kemenag Prof Amin Suyitno.

"Profesor Amin Suyitno. Ini Amin-nya tambahan atau sudah lama? Soalnya lagi ramai nih Amin, Amin," ucap Yaqut dalam sambutannya.

"Saya biasanya panggil Pak Yitno ini, bukan Pak Amin. Jangan-jangan ada nama presiden singkatannya Amin, tapi saya nggak milih itu, Pak. Jelas ya. Kalau masih yang milih itu, bid'ah," ujarnya menambahkan.

Dalam konteks agama Islam, bid'ah adalah suatu perbuatan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan contoh dan hukum yang ditetapkan oleh syariat. Ketidaksesuaian tersebut bisa berupa menambahkan atau mengurangi ketetapan yang telah disepakati oleh syariat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement