Rabu 13 Sep 2023 22:35 WIB

Kepala DLH DKI: Tilang Kendaraan tak Lulus Uji Emisi Sangat Efektif

Kepala DLH DKI Jakarta sebut tilang kendaraan yang tak lulus uji emisi sangat efektif

Tilang uji emisi pada kendaraan di Terminal Blok M, Jakarta Selatan. Kepala DLH DKI Jakarta sebut tilang kendaraan yang tak lulus uji emisi sangat efektif
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Tilang uji emisi pada kendaraan di Terminal Blok M, Jakarta Selatan. Kepala DLH DKI Jakarta sebut tilang kendaraan yang tak lulus uji emisi sangat efektif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menilai, penerapan tilang terhadap kendaraan tidak lolos atau belum uji emisi efektif untuk memberikan efek jera kepada masyarakat.

"Kalau kami sih merasa bahwa itu efektif. Jadi itu merupakan efek jera dan itu pembelajaran kepada masyarakat juga," kata Asep saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga

Menurut Asep, tilang uji emisi menjadi pengingat masyarakat pentingnya uji emisi kendaraan. Meskipun tilang uji emisi sudah dihentikan oleh Polda Metro Jaya, masyarakat seharusnya tetap sadar untuk melakukan uji emisi kendaraan demi memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

"Jadi ada-tidak ada tilang, uji emisi itu sebenarnya merupakan sebuah kewajiban moral bagi seluruh warga Jakarta," ujar Asep.

 

Asep mengaku belum berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya soal penghentian sanksi tilang uji emisi tersebut. Namun, kebijakan penghentian tilang uji emisi itu, bukan kewenangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), tetapi Polda Metro Jaya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencari alternatif penegakan aturan uji emisi setelah penindakan melalui tilang terhadap kendaraan yang tidak lolos atau belum uji emisi dihentikan.

"Nanti kita diskusi lagi. Intinya yang penting adalah uji emisi. Kan para ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sudah melakukan uji emisi," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

Menurut Heru, pemberian sanksi tilang terhadap pengendara bukanlah target utama dalam penerapan aturan uji emisi. Kebijakan yang diberlakukan bertujuan mengajak dan menyadarkan masyarakat untuk uji emisi kendaraan dalam rangka penanganan masalah polusi udara.

Ketua Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurcholis mengatakan, hasil uji emisi yang dilakukan dalam sepekan terakhir pada 1-7 September 2023, yakni sebanyak 850 kendaraan tak lolos uji emisi.

Dari 850 kendaraan yang tak lolos uji emisi, 66 di antaranya dikenai sanksi tilang. Sisanya diminta untuk melakukan perbaikan (service) di bengkel.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement