Ahad 10 Sep 2023 17:19 WIB

Heru Budi: Seluruh Kantor Pemda Sudah Pasang Water Mist Besok

Pj Gubernur DKI Heru Budi targetkan besok semua kantor pemda sudah pasang water mist.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas menyemprotkan air ke udara di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023). Pj Gubernur DKI Heru Budi targetkan besok semua kantor pemda sudah pasang water mist.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas menyemprotkan air ke udara di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023). Pj Gubernur DKI Heru Budi targetkan besok semua kantor pemda sudah pasang water mist.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pemasangan water mist di gedung-gedung perkantoran pemerintah daerah se-DKI Jakarta bisa direalisasikan pada Senin (11/9/2023). Pemasangan water mist dimaksudkan sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan polusi udara di Jakarta. 

"Kalau (target) saya sih tanggal 11 besok (11 September 2023) sudah semua kantor Pemda bisa (pasang water mist)," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada wartawan di kawasan Jakarta Pusat, Ahad (10/9/2023). 

Baca Juga

Hal itu diharapkan terwujud meski Heru mengaku bahwa hingga saat ini alat water mist yang dibutuhkan masih terbatas. Namun, dia mengharapkan ada inovasi dari para pemimpin daerah untuk tetap bisa memasang water mist

"Walaupun dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) alatnya terbatas, tetapi mereka bisa modifikasi seperti di Balai Kota kan sudah kami modifikasi," jelas dia. 

Dengan target yang ingin dicapai, para wali kota di Jakarta diharapkan dapat merealisasikan hal itu. Lebih lanjut, tak hanya di kantor-kantor pemda, tetapi juga di gedung-gedung tinggi se-DKI Jakarta. 

Heru berharap nantinya semua gedung-gedung tinggi yang ada di Jakarta dapat berkontribusi mendukung program pengendalian pencemaran udara dengan memasang water mist. Sehingga upaya untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta lebih maksimal. 

"(Jumlah unit water mist yang dibutuhkan) sebanyak-banyaknya, sebanyak gedung tinggi di Jakarta. Saya minta semuanya harus aktif karena kan (manfaatnya) untuk kita bersama," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement