Sabtu 09 Sep 2023 18:41 WIB

Yusril Jelaskan Alasan PBB Mantap Dukung Prabowo

Yusril menilai PBB sebagai anak ideologis ayah Prabowo.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Indira Rezkisari
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Sabtu (9/9/2023).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Sabtu (9/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, menjelaskan alasan ideologis yang membuat partainya membulatkan tekad bergabung dengan koalisi partai pendukung bakal capres Prabowo Subianto. Ayah Prabowo disebutnya sebagai salah satu alasan.

Yusril menyebut Prabowo adalah anak kandung dari ekonom terkemuka sejak zaman orde lama sampai orde baru Soemitro Djojohadikoesoemo. Saat masih muda, Soemitro punya kedekatan dengan tokoh-tokoh besar Partai Masyumi. Partai Masyumi diketahui punya ideologi yang sekarang ini dianut oleh PBB.

Baca Juga

"Prabowo adalah anak biologis dari Soemitro, saya dan kami (PBB) adalah anak ideologis Soemitro," kata Yusril, dalam acara Konsolidasi Zona III Pemenangan Pileg PBB dan Pemenangan Prabowo Subianto sebagai capres di Hotel Pangeran, Kota Padang, Sabtu (9/9/2023).

Pakar Hukum Tata Negara itu menjelaskan alasan lain dirinya dan PBB mendukung Prabowo karena pokok pikiran Prabowo tentang persoalan dan penyelesaian persoalan bangsa. Menurut Yusril, dirinya sudah membaca sejumlah buku karya Prabowo. Dia melihat Prabowo memiliki konsep yang matang tentang penyelesaian persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

Yusril mengatakan presiden pertama RI, Soekarno telah memberikan jasa besar memerdekaan Indonesia dari penjajahan. Lalu Presiden Soeharto dengan gigih membangun Indonesia hingga mampu menjadi macan Asia.

Sayangnya pascakeruntuhan rezim orde baru, Yusril menilai belum ada pemimpin yang mampu membawa Indonesia mengejar ketertinggalan. Harusnya pascakrisis 98, Indonesia mampu melompat jauh ke depan.

"Kita terlambat melompat jauh ke depan karena tidak punya pemimpin yang mumpuni. Indonesia adalah negara besar dengan segala sumber daya tapi tidak mampu menjadi negara maju. Saya yakin Prabowo punya kemampuan untuk mewujudkan itu," ucap Yusril.

Partai Bulan Bintang lanjut Yusril bertekad akan berjuang untuk memenangkan Prabowo menjadi Presiden RI periode 2024-2029. Meskipun kader PBB tidak digaet jadi cawapres, Yusril berjanji partainya tidak akan membelot.

"Kami ingin menegaskan PBB ini partai Islam modernis. Gampang ditebak pemikirannya. Lurus to the poin. Kami memutuskan mendukung prabowo.

Insya Allah PBB konsisten dukung Prabowo. Kami teman koalisi yang setia dan percaya. Tidak berbelit-belit dan tidak lari," ujar Yusril.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement