Kamis 07 Sep 2023 13:43 WIB

Menhan Prabowo Sebut ASEAN Kawasan Paling Aman di Dunia

Kita ingat dulu kita dengan Malaysia tegang-tegangan, sama Singapura tegang-tegangan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, saat ini, Asia Tenggara menjadi kawasan paling aman dan tenteram di dunia. Hal itu disampaikannya kepada awak media ketika mengunjungi media center KTT ASEAN di JCC, Senayan, Kamis (7/9/2023).

Prabowo mengungkapkan, sebelum ASEAN berdiri, Asia Tenggara pernah dibekap ketegangan. "Kita ingat dulu kita dengan Malaysia tegang-tegangan, sama Singapura tegang-tegangan, tapi sekarang kawasan Asia Tenggara mungkin yang paling aman dan tentram di dunia. Dan growth kita juga salah satu yang paling baik," katanya.

Baca Juga

Prabowo menjelaskan, kebijakan RI tetap mempertahankan prinsip diplomatik bebas aktif. "Kita tidak mau terlibat dengan manapun, bersahabat dengan semua negara. Kita hormati semua negara. Kita hormati AS, kita hormati Tiongkok, kita hormati Rusia, kita hormati India, Jepang, kita hormati semua negara," ujarnya.

Prabowo pun sempat menanggapi singkat pertanyaan seorang jurnalis Rusia tentang hubungan Indonesia-Rusia. "Kami memiliki hubungan baik dengan Rusia, kami ingin memelihara hubungan baik ini," kata ketua umum DPP Partai Gerindra itu.

Dalam kunjungannya ke media center KTT ASEAN, Prabowo ditemani Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. "Saya lihat ini sangat baik, luar biasa. Organisasinya sangat baik, pengaturannya sangat baik," kata Prabowo saat ditanyai pendapatnya tentang media center KTT ASEAN.

KTT ASEAN ke-43 di Jakarta akan berakhir pada Kamis. Rangkaian agenda bakal diakhiri dengan penyerahan kursi keketuaan ASEAN dari Indonesia ke Laos. Presiden Joko Widodo akan memimpin prosesi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement