Selasa 05 Sep 2023 23:18 WIB

Bertemu Jokowi, PM Kanada Puji Kepemimpinan Indonesia

Jokowi menetapkan standar yang sangat tinggi untuk kesuksesan G20

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo saat membuka KTT ASEAN ke-43 di Jakarta
Foto: Setpres RI
Presiden Joko Widodo saat membuka KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat penyelenggaraan G20 pada tahun lalu di tengah masa-masa sulit. Menurut Trudeau, Indonesia menunjukan kapasitasnya untuk menyatukan dunia dan membahas berbagai isu besar yang dihadapi saat ini.

Hal ini disampaikan PM Kanada kepada Presiden Jokowi saat pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (5/9/2023).“Saya mengingat kembali kepemimpinan anda yang sangat baik pada G20 tahun lalu yang melewati masa-masa sulit. Namun Indonesia benar-benar menunjukan kapasitasnya untuk menyatukan dunia dan membahas isu-isu besar,” kata Trudeau dalam sambutan pengantarnya.

Trudeau pun menyebut bahwa Jokowi menetapkan standar yang sangat tinggi untuk kesuksesan G20. Namun ia meyakini kepemimpinan Jokowi dan Indonesia.“Anda menetapkan standar yang sangat tinggi untuk kesuksesan G20. Namun saya mengharapkan kepemimpinan anda dan Indonesia,” ujar dia.

Awalnya Trudeau pun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Jokowi yang telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN pada tahun ini dan turut mengundang Kanada. Menurut dia, adanya kemitraan strategis akan menjadi sangat penting bagi Kanada dan juga kawasan.

Trudeau juga menyampaikan bahwa Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Ia pun menilai, kepemimpinan Indonesia di negara-negara berkembang sangat luar biasa.

“Asia Tenggara adalah salah satu kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan kepemimpinan Indonesia di negara-negara berkembang sangat luar biasa,” ucapnya.

Trudeau lalu mengatakan bahwa hubungan bilateral kedua negara mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Namun, menurut dia, masih ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membawa pertumbuhan yang baik bagi kedua negara, menghasilkan lapangan kerja yang baik, dan juga kesempatan yang baik bagi masyarakat.

“Saya menanti pertemuan kita esok hari di berbagai isu penting hingga isu geopolitik,” lanjut Trudeau.

Sementara itu, dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengharapkan peningkatan kerja sama dengan Kanada.

“Besok kita akan meluncurkan ASEAN-Canada Strategic Partnership. Saya berharap kemitraan strategis tersebut bisa menghasilkan kerja sama yang lebih konkret antara Indonesia dan Kanada,” ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement