Selasa 05 Sep 2023 16:45 WIB

Polres Indramayu Pastikan Video Ditemukan Ratusan Makam Bayi di Al Zaytun Hoaks

Tidak diketahui secara pasti lokasi pada video yang beredar di media sosial itu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andri Saubani
Suasana di pintu masuk Mahad Al-Zaytun, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Suasana di pintu masuk Mahad Al-Zaytun, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Hoaks seputar Ma’had Al-Zaytun Indramayu terus bermunculan di media sosial. Kali ini, beredar video pekerja menemukan ratusan makam bayi di perkebunan milik Al-Zaytun.

Salah satunya diunggah oleh akun instagram @lambe.pedes.official. Hingga Selasa (5/9/2023), video berdurasi 2 menit 18 detik itu sudah ditonton sebanyak 58,1 ribu kali.

Baca Juga

Video itu juga mendapat banyak tanggapan dari warganet, disukai sebanyak 2.090 orang, dikomentari 270 orang, serta dibagikan 581 kali.

Kasi Humas Polres Indramayu, Ipda Tasim memastikan video tersebut tidak benar. "Itu video hoaks," ujar Tasim kepada Republika, Selasa (5/9/2023).

Tidak diketahui secara pasti lokasi pada video yang beredar di media sosial itu. Namun, Tasim memastikan, lokasinya bukan di perkebunan Al Zaytun sebagaimana keterangan pada video.

Dia menyatakan, tidak ada penemuan ratusan makam bayi di Mahad Al-Zaytun Indramayu. Tasim pun meminta kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam menyikapi berita yang beredar di media sosial. Dia menyatakan, masyarakat harus bisa menyaring informasi guna menangkal hoaks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement