Senin 04 Sep 2023 19:06 WIB

Kekeringan Landa Enam Kecamatan di Kota Tasikmalaya

Pemkot Tasikmalaya akan menetapkan status siaga darurat bencana kekeringan.

Rep: Bayu Adji/ Red: Agus raharjo
Pemkot Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi untuk mengatasi dampak bencana kekeringan di Bale Kota Tasikmalaya, Senin (4/9/2023).
Foto: Republika/ Bayu Adji P
Pemkot Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi untuk mengatasi dampak bencana kekeringan di Bale Kota Tasikmalaya, Senin (4/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mencatat bencana kekeringan telah melanda di 23 titik. Puluhan titik kekeringan itu tersebar di sembilan kelurahan, enam kecamatan, yang ada di Kota Tasikmalaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan menilai wilayah yang terdampak bencana kekeringan itu masih berpotensi meluas. Mengingat, diperkirakan musim kemarau kali ini diperkirakan akan terjadi hingga November 2023.

Baca Juga

"Kami sudah minta seluruh lurah dan camat untuk mengidentifikasi wilayah masing-masing dan segera bisa dilaporkan," kata dia usai menggelar rapat koordinasi penanganan bencana kekeringan di Bale Kota Tasikmalaya, Senin (4/9/2023).

Menurut dia, aparat di masing-masing wilayah bukan hanya diminta mendata warga yang terdampak bencana kekeringan. Lebih dari itu, aparat di wilayah kelurahan dan kecamatan juga diminta mencari potensi sumber air yang masih bisa digunakan.

Ivan menilai, keberadaan potensi sumber air yang masih bisa digunakan di masing-masing wilayah itu penting untuk didata. Dengan adanya sumber air yang dekat, pendistribusian kepada warga yang terdampak kekeringan dapat lebih optimal.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya juga akan membentuk Tasikmalaya El Nino Center sebagai pusat penanganan mengatasi bencana kekeringan. Di Tasikmalaya El Nino Center itu, seluruh permintaan maupun laporan mengenai bencana kekeringan akan dikomunikasikan penanganannya.

"Nanti semua data akan masuk ke sana, sehingga bantuan air bersih terkoordinasi," ujar dia.

Siaga darurat bencana kekeringan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement