Jumat 01 Sep 2023 16:33 WIB

PAN Gaet Caleg-Caleg Muda dari Kalangan NU, Ini Harapannya

PAN berusaha untuk mendekati konstituen NU

Masyarakat coblos Partai Amanat Nasional (PAN). PAN berusaha untuk mendekati konstituen NU
Foto: Republika.co.id
Masyarakat coblos Partai Amanat Nasional (PAN). PAN berusaha untuk mendekati konstituen NU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki peluang untuk menghimpun suara dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin. Penyebabnya karena PAN banyak mengusung Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang berasal dari kalangan nahdliyin.

Pengamat Politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko mengatakan cara PAN yang mengusung Caleg NU merupakan cara yang efektif. Sebab, para tokoh NU tersebut akan mampu meraup suara dari kalangan nahdliyin.

Baca Juga

“Cara-cara kemudian merekrut dan menawarkan menjadi calon legislatif itu ya mungkin akan bisa berjalan efektif,” kata Anang.

Cara tersebut menurut Anang merupakan langkah cepat untuk meningkatkan daya elektoral PAN secara cepat di kalangan nahdliyin. Sebab, untuk mengubah persepsi kalangan NU agar memilih PAN secara organik akan memakan waktu lama.

“Saya kira tidak akan muda dan membutuhkan waktu,” ucapnya.

Perkiraan Anang tersebut setelah melihat langkah PAN yang banyak merekrut tokoh-tokoh NU. Seperti diketahui, PAN banyak berisi nama-nama tokoh NU yang mayoritas berasal dari pesantren dan tersebar di sejumlah wilayah di Jawa Timur. 

Nama-nama tersebut yakni Gus Abdul Qodir dari Probolinggo, Gus Syaiful Nuri dari Pasuruan, dan Gus Afif dari Mojokerto. Mereka merupakan pengasuh serta pimpinan pesantren yang memiliki ketokohan untuk meraih simpati kalangan NU. 

Survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode Agustus 2023, menunjukkan peningkatan elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN), yang lebih dari 100 persen dibanding sebelumnya, yaitu menjadi  4,2 persen.

Baca juga: 2 Buah Surga yang Ada di Dunia dan Diabadikan Alquran, Atasi Asam Urat Hingga Kanker

Dukungan publik terhadap PAN pada Agustus 2023 naik menjadi 4,2 persen atau ada lonjakan signifikan jika dibandingkan dengan hasil survei pada Agustus 2022," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

Dengan demikian, PAN diproyeksikan akan kembali lolos ke DPR pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Diketahui, ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) ditetapkan sebesar 4 persen.    

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement