Jumat 01 Sep 2023 14:34 WIB

Paskibra Universitas BSI Jadi Sorotan Saat Upacara Kemerdekaan RI ke-78 di LLDIKTI III

Paskibra Universitas BSI bertindak sebagai pelaksana upacara.

Resimen Mahasiswa (Menwa) dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) turut bertindak sebagai pelaksana upacara dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi pada 17 Agustus 2023.
Foto: Dok. Universitas BSI
Resimen Mahasiswa (Menwa) dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) turut bertindak sebagai pelaksana upacara dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi pada 17 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III) Jakarta merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan upacara pengibaran bendera yang berlangsung khidmat, pada perayaan Hari Kemerdekaan RI lalu. Acara tersebut dilaksanakan di Halaman kantor LLDIKTI III, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur. 

Pada kesempatan bersejarah ini, Resimen Mahasiswa (Menwa) dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) turut bertindak sebagai pelaksana upacara dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi pada 17 Agustus 2023. Diah Puspitasari, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas BSI yang juga turut hadir dalam upacara ini menceritakan suasana khidmat terpancar dalam upacara Pengibaran Bendera Merah Putih. 

Baca Juga

“Tradisi pengibaran bendera ini telah menjadi agenda rutin yang tak terpisahkan dari perayaan 17 Agustus. Kegiatan ini menjadi panggilan kepada seluruh warga Indonesia untuk merenungkan makna kemerdekaan yang telah dicapai,” katanya, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/8/2023).

Dalam semangat nasionalisme yang membara, katanya, Menwa Universitas BSI memainkan peran penting sebagai pelaksana upacara. Walaupun baru terbentuk dalam setahun ini, Menwa telah mendapatkan kepercayaan untuk mengemban amanat tersebut. 

“Mereka terlibat dalam semua aspek upacara, mulai dari paskibra, petugas pembaca teks proklamasi, pembaca teks UUD 45, hingga atraksi bela diri militer dan penampilan menawan dari tarian tradisional Joget Komando Poco-poco yang semakin memeriahkan suasana,” ujarnya.

Pada kesemaptan ini, Muhammad Raehan, salah satu anggota Menwa Kampus Digital Kreatif ini, memimpin dengan gemilang sebagai Komandan Upacara. 

“Dalam kesederhanaan acara, semangat patriotisme dan rasa cinta tanah air tercermin dengan jelas. Lewat pelaksanaan upacara ini mampu mengingatkan kita akan pentingnya mengenang perjuangan para pahlawan serta mengukuhkan tekad untuk terus menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, Irwin Ananta Vidada, Mewakili Bidang Kemahasiswaan Universitas BSI memberikan tanggapan terhadap suksesnya partisipasi Menwa dalam peringatan ke-78 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di LLDIKTI Wilayah III Jakarta.

"Kegiatan ini buah dari perjuangan dan kerja keras seluruh anggota Menwa Universitas BSI serta dukungan penuh dari seluruh civitas akademika kampus. Saya sangat bangga melihat semangat anggota Menwa, kami ingin memberikan kesempatan pada para mahasiswa untuk mengembangkan semangat nasionalisme dan kedisiplinan melalui pengalaman yang nyata,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement