Selasa 29 Aug 2023 22:12 WIB

Sempat Tertutup Longsor, Jalur Sumbar-Riau di Rohul Kembali Dapat Dilewati

Longsoran tebing mengakibat material berupa tanah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Longsor (Ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Longsor (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,ROKAN HULU-- Jalur yang menghubungkan Provinsi Sumatra Barat dengan Provinsi Riau di Desa Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau tertimbun longsor sejak Senin (28/8/2023) malam WIB kemarin hingga hari ini, Selasa (29/8/2023). 

Kepala Dinas PUPR PKPP Riau M Arief Setiawan, mengatakan akses jalan penghubung dari Kabupaten Rokan Hulu, Riau menuju Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, sempat tak bisa dilalui kendaraan akibat badan jalan tertimbun material longsor.

Baca Juga

Tapi setelah pembersihan material longsor dengan menggunakan dua unit alat berat menurut Arief sudah selesai dan jalur tersebut sudah dapat dilewati kembali. 

"Jalan Lintas Provinsi Riau-Sumatera Barat di Desa Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto yang sebelumnya tertutup longsor saat ini sudah terbuka dan bisa dilalui seperti biasa," kata Arief. 

Sebelumnya, Kapolsek Rokan IV Koto, AKP Yohanes Tindaon, menjelaskan kejadian tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB kemarin siang.

Akibat kejadian tersebut hampir seluruh badan jalan tertutup material longsor seperti tanah dan pepohonan sehingga sempat menyebabkan antrean kendaraan. Beruntung tidak ada kendaraan yang tertimpa material longsor sehingga menyebabkan jatuhnya korban.

"Longsoran tebing mengakibat material berupa tanah, batu dan kayu menutup jalan sepanjang 50 meter dan lebar 15 meter yang menghubungkan jalan lintas lintas provinsi dari Rohul menuju Rao" kata Kapolsek Rokan IV Koto AKP Yohanes Tindaon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement