Selasa 29 Aug 2023 08:18 WIB

Soal Erick Thohir Jadi Cawapres, Prabowo: Dibahas Nanti

Prabowo sebut koalisi akan membahas soal Erick Thohir diusulkan sebagai cawapresnya.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Prabowo sebut koalisi akan membahas soal Erick Thohir diusulkan sebagai cawapresnya.
Foto: Tangkapan Layar
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Prabowo sebut koalisi akan membahas soal Erick Thohir diusulkan sebagai cawapresnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menghadiri acara Bimbingan Teknis (Bimtek) rangkaian HUT ke-25 Partai Amanat Nasional (PAN). Saat ia menyapa Menteri BUMN Erick Thohir, ratusan kader PAN di lokasi tersebut bergemuruh dan meneriakkan dengan sebutan "wakil presiden".

Prabowo awalnya sedang memuji sosok Erick yang juga ketua umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Erick pun berdiri dan memberikan hormat dari kursinya yang berada di belakang Prabowo, menyambut sapaan Menteri Pertahanan itu.

Baca Juga

"Erick Thohir Menteri BUMN, Ketua Umum PSSI, yang membawa PSSI kembali bangkit menjadi," ujar Prabowo dalam pidatonya yang terpotong dengan teriakan kader PAN di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (28/8/2023) malam.

"Wapres (dibahas) nanti. Belum apa-apa wapres," ujar Prabowo yang kemudian tertawa.

Dalam forum tersebut, mengumumkan nama baru kerja sama politik yang berisikan empat partai politik di parlemen. Kerja sama tersebut dinamakannya Koalisi Indonesia Maju. "Kita sepakat koalisi kita, kita beri nama Koalisi Indonesia Maju," ujar Prabowo.

Nama tersebut disebutnya terinspirasi dari sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah dirinya masuk di Kabinet Indonesia Maju, Menteri Pertahanan (Menhan) itu jadi memahami bagaimana pemikiran Jokowi.

"Saya yakin bahwa Pak Jokowi seorang patriot yang memikirkan rakyat dan bangsa Indonesia dan pemikiran-pemikiran beliau benar dan berhasil sampai sekarang," ujar Prabowo.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas, sendiri mendorong Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal cawapres dari Prabowo. Namun, dengan nada bercanda, ia menyinggung restu Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar untuk mendapatkan posisi tersebut.

Ia beralasan mengatakan hal tersebut. Sebab, Prabowo dan Partai Gerindra pertama kali menjalin kerja sama dengan PKB untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024, dengan membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Cak imin yang pertama sama Pak Prabowo, yang pertama beliau, mesti restu dari Cak Imin (jika Erick ingin jadi cawapres Prabowo). Jadi Cak Imin, pantas? jauh lebih pantas," ujar Zulhas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement