Senin 28 Aug 2023 12:51 WIB

Hari Tani Nasional, IKA Faperta IPB University Gelar Faperta Harvest Day

Gelaran ini bakal menyajikan sejumlah aktivitas.

IPB
IPB

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR — Merayakan Hari Tani Nasional, Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKA Faperta) IPB University bakal menggelar Faperta Harvest Day. Gelaran ini bakal menyajikan sejumlah aktivitas yang melibatkan partisipasi alumni melalui talkshow hingga anugerah penghargaan kepada alumni fakultas pertanian IPB University yang berprestasi di bidangnya.

“Melalui Faperta Harvest Day Tahun 2023 ini diharapkan IKA Faperta dapat mengkolaborasikan seluruh potensi alumni IPB untuk kemajuan Indonesia, khususnya di sektor pertanian. Inilah esensi utama dari penyelenggaraan Faperta Harvest Day ini,” kata Ketua Umum IKA Faperta IPB, Octen Suhadi, dalam keterangannya kepada media di Bogor, Senin (28/8/2023). 

Baca Juga

Octen menjelaskan Faperta Harvest Day ini merupakan kegiatan pertama dari masa kepemimpinannya. Ia menilai momentum Hari Tani Nasional menjadi sangat strategis untuk mengingatkan bahwa pertanian Indonesia perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak. “Untuk memajukan pertanian Indonesia itu perlu adanya kolaborasi dari semua pihak. Di sinilah kami berharap alumni Fakultas Pertanian IPB University bisa memberikan kontribusinya,” ujarnya. 

Ketua Panitia Faperta Harvest Day 2023, Indiv Sultana Binavsi, menjelaskan kegiatan ini akan digelar di IPB International Convention Center Bogor, Minggu (24/9/2023). Kegiatan yang mengusung tema “The Best Day Ever for Reunion, Reconnect, and Revibe” ini bakal menghadirkan talkshow, launching Kartu Tanda Alumni IKA Faperta, Taman IKA Faperta, Cabang DPD IKA Faperta, dana abadi, dan Faperta Award. 

Untuk kegiatan talkshow menghadirkan tema “Ketahanan Pangan Berbasis Kearifan Lokal untuk Menuju Kemandirian UMKM Masyarakat” dengan pemateri Prof. Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, M.Si., sebagai Ketua Dewan Pengawas Perum Bulog; Sunarso (Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.) serta Tokoh Nasional dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Pertanian, Tri Mumpuni. 

Selanjutnya Faperta Harvest Day ini, jelas Indiv, bakal meluncurkan Kartu Tanda IKA Faperta kepada peserta kegiatan yang terdiri dari 1000 orang alumni fakultas pertanian sebagai tanda keanggotaan dari IKA Faperta.

“Akan ada juga peluncuran Dana Abadi yang nantinya memiliki manfaat untuk memperkenalkan program Dana Abadi beserta sistematika pelaksanaannya dan melakukan perekrutan anggota,’ ujarnya. 

Sementara itu untuk kegiatan Faperta Award, Indiv mengatakan, apresiasi dan penghargaan ini ditujukan kepada alumni fakultas pertanian IPB Unibersity yang berprestasi di bidangnya. “Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan fakultas pertanian di tahun-tahun berikutnya,” katanya.  

Secara terpisah, Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Suryo Wiyono, M.Sc.Agr, menyambut positif hadirnya kegiatan Faperta Harvest Day. Ia berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi aktivitas simbolik dalam merayakan Hari Tani Nasional saja. 

“Sudah saatnya para alumni pertanian IPB yang tersebar di berbagai profesi dan tempat bisa memberikan sekaligus mengkonsolidasikan potensinya untuk kemajuan pertanian Indonesia. Ibu pertiwi sudah memanggil para alumni IPB untuk memuliakan para petani Indonesia lewat kontribusi positif yang dimiliki. Di sinilah harapan saya semoga IKA Faperta bisa mengambil peran nyata buat kemajuan dan perbaikan pertanian Indonesia menjadi lebih baik,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement