Sabtu 26 Aug 2023 05:53 WIB

Siapapun Jadi Presiden, Aktivis Buruh akan Tuntut Pencabutan Omnibus Law Ciptaker

Organisasi buruh SBSI '92 dukung Anies Baswedan jika bersedia cabut Omnibus law

Buruh lakukan long march  tuntut pemerintah dan DPR mencabut UU Omnibus Law Cipta Kerja/ (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Buruh lakukan long march tuntut pemerintah dan DPR mencabut UU Omnibus Law Cipta Kerja/ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Para aktivis buruh dari Serikat Buruh Sejahtera Independen (SBSI) '92 menyatakan sepakat untuk melakukan perubahan yang berkeadilan dan mengganti pemerintahan tingkat nasional agar berpihak pada buruh. Untuk itu siapa pun jadi presiden akan ditagih sikapnya mengenai pencabutan omnibus law cipta kerja.

''Misalnya, jika kelak Anies terpilih jadi presiden maka kami akan menuntut kebijakannnya agar mengubah UU Omnibus Law Cipta Kerja. Anies harus mampu merubah undang-undang itu," kata Sunarti Ketua Umum SBSI '92 usai menggelar Rapat Koordinasi Nasional Khusus (Rakornasus) di Jakarta, Jumat (25/08/2023).

Senada dengan Sunarti, Sekjen SBSI '92, Asep Djamaludin, ketika membacakan pernyataan hasil Rakornasus di dalam pilpres mendatang pihaknya memang mempunyai sikap. Hal itu mendukung pencalonan Anies Rasyid Baswedan untuk ikut dalam Pilpres pada 2024.

"SBSI '92 mendukung dan memenangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden RI Tahun 2024-2029," katanya, 

Ditegaskan Asep, keputusan tersebut berlaku untuk seluruh perangkat SBSI '92 dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, pengurus komisariat tingkat perusahaan sampai kepada seluruh anggota.

Asep kemudian menyerahkan hasil Rakornasus SBSI '92 itu kepada Sudirman Said, anggota Tim 8 kepercayaan Anies Baswedan.

Sesuai menerina hasil Rakornasus tersebut Sudirman Said dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan SBSI '92.Ia menyampaikan komitmen Anies Baswedan untuk memperbaiki kondisi buruh di tanah air, utamanya menyangkut kesejahteraan dan jaminan sosial sepanjang hayat bagi kaum buruh. 

"Untuk Pak Anies berpesan agar dukungan kepada beliau tidak berhenti di Rakornasus tapi harus terus digaungkan hingga ke lingkungan keluarga para buruh, dan lingkungan sekitar," ujarnya.

Sudirman menyatakan dukungan ini merupakan rangkaian dari dukungan kalangan buruh yang sudah memberikan pernyataan sikap dan memberi angin segar bagi pemenangan Anies Baswedan. 

Hadir dalam kesempatan itu para pengurus SBSI '92 dari tingkat nasional, provinsi, dan juga perwakilan beberapa serikat buruh. Rakornasus mengangkat tema 'Memperkuat Komitmen dan Militansi Organisasi untuk Bergerak Menuju Perubahan yang Berkeadilan dan diselenggarakan khusus untuk membahas dukungan capres SBSI 92'.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement