Kamis 24 Aug 2023 20:58 WIB

Hary Tanoe Sekeluarga Nyaleg, Perindo: Tidak Perlu Diperdebatkan 

Perindo menegaskan tidak ada aturan yang melarang satu keluarga maju sebagai caleg.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Hary Tanoe (kiri) saat penyerahan daftar caleg Partai Persatuan Indonesia (Perindo) untuk Pemilu 2024, di Kantor KPU pada Mei 2023 lalu. (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Hary Tanoe (kiri) saat penyerahan daftar caleg Partai Persatuan Indonesia (Perindo) untuk Pemilu 2024, di Kantor KPU pada Mei 2023 lalu. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusungan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan semua anggota keluarganya menjadi bakal calon anggota DPR menuai kritikan publik. Namun, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiansyah menyebut, tidak ada yang salah dengan langkah partainya mengusung Hary sekeluarga. 

"Bapak Hary Tanoesoedibjo (HT) dan keluarga maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 bukan hal yang perlu didebatkan. Tidak ada masalah jika keluarga Pak HT maju di pileg. Sah-sah saja menurut saya," kata Ferry kepada Republika, Kamis (24/8/2023). 

Baca Juga

Lagi pula, kata Ferry, tidak ada aturan yang melarang satu keluarga maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR. Yang penting, semua anggota keluarga itu memenuhi kualifikasi dan mengikuti ketentuan pendaftaran caleg. 

Ferry pun mengklaim bahwa Hary Tanoe dan semua anggota keluarganya memenuhi kualifikasi untuk menjadi caleg DPR dari Partai Perindo. Karena itu, semua keluarga ketua umumnya itu patut diusung dan didukung menjadi calon wakil rakyat. 

"Semua orang, termasuk keluarga Pak HT, yang memiliki kapasitas, integritas, dan komitmen kebangsaannya patut didukung," kata Ferry menegaskan. 

Semua anggota keluarga konglomerat Harry Tanoesoedibjo terdaftar sebagai bakal caleg terungkap setelah KPU RI mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPR RI pada Sabtu (19/8/2023). Hary, istrinya, dan semua anaknya tercatat sebagai bakal caleg Partai Perindo di tujuh daerah pemilihan (dapil). 

Mereka semua mendapatkan nomor urut kecil, salah satu faktor kunci untuk meraih kemenangan. Hary Tanoesoedibjo tercatat sebagai bakal caleg di Dapil Banten III. Dia menempati nomor urut 1 di antara bakal caleg Partai Perindo lainnya di dapil tersebut. 

Sedangkan istrinya Hary, Liliyana Tanaja Tanoesoedibjo terdaftar sebagai bakal caleg nomor urut 1 di Dapil Jakarta II. Anak pertama Hary sekaligus Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela H Tanoesoedibjo jadi bakal caleg nomor urut 1 di Dapil Jawa Timur I. 

Anak kedua Hary, Valencia H Tanoesoedibjo terdaftar sebagai bakal caleg nomor urut 1 di Dapil Jakarta III. Anak ketiganya, Jessica Tanoesoedibjo maju di Dapil NTT II dan mendapatkan nomor urut 1. 

Anak keempatnya, Clarissa Tanoesoedibjo tercatat sebagai bakal caleg nomor urut 2 di Dapil Jawa Barat I. Adapun anak bungsunya, Warren Tanoesoedibjo juga ikut menjadi bakal caleg lewat partai milik bapaknya itu dan mendapatkan nomor urut 2 di Dapil Jawa Tengah I. 

Setelah kabar Hary Tanoe sekeluarga menjadi caleg ini tersiar, publik ramai-ramai melontarkan kritik di media sosial. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) juga menyampaikan kritikan keras. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement