Senin 21 Aug 2023 17:41 WIB

Lomba Susun Puzzel Ganjaran Buruh Meriahkan HUT ke-78 RI di Jakarta Utara

Lomba susun puzzel ini sengaja diadakan sebagai tema pokok lomba.

Perlombaan di Lapangan Futsal Jalan Kampung Muka RW 04. Pademangan, Jakarta Utara.
Foto: Dok. Web
Perlombaan di Lapangan Futsal Jalan Kampung Muka RW 04. Pademangan, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mengadakan perlombaan di Lapangan Futsal Jalan Kampung Muka RW 04. Pademangan, Jakarta Utara. 

DPP Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) Debby Kristianingtyas mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian yang digelar dibeberapa wilayah demi memperingati hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. 

Baca Juga

Dia mengatakan setiap wilayah mengadakan perlombaan yang berbeda-beda. Semisal di Jawa Barat mengadakan upacara hingga turnamen voli. 

"Ada festival 100 Gapura Ganjar Pranowo 'Tuanku Ya Rakyat se-Pulau Jawa', upacara bendera di Pabrik Jawa barat, kuis cerdas cermat perburuhan, dan turnamen Voly Ganjaran," kata dia. 

"Dan beberapa jenis lomba Agustusan di beberapa daerah. Salah satunya di Jakarta Utara," kata Debby, seperti dinukil pada Senin (21/8/2023). 

Dia menjelaskan, lomba yang diadakan GBB Jakarta Utara cukup menarik, yaitu susun secara kolektif Puzzel Poster Ganjar Pranowo : Tuanku ya Rakyat. 

"Lomba susun puzzel ini sengaja diadakan sebagai tema pokok lomba sebagai simbol bahwa rakyat sedang bersatu padu menyiapkan pemimpin nasional, dalam hal ini Ganjar Pranowo sebagai Presiden pelayan rakyat," ungkap dia. 

Debby menjelaskan, acara tersebut diikuti oleh komunitas pekerja yang membentuk tim mewakili komunitas buruh informal. Ada 10 tim berdasarkan sektoralnya, yaitu Tim bakso, Tim cilok, Tim nasi uduk, Tim sate, Tim soto, Tim toko klontong, Tim nelayan,  Tim bengkel, dan Tim asongan, 

Menurut dia, para peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Kegiatan itu mampu menyedot perhatian masyarakat sekitar untuk menonton. Debby menerangkan bahwa acara ini dimaksudkan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI. 

Dia berharap dengan adanya kegiatan semangat kemerdekaan seluruh jaringan sukarelawan GBB di Jakarta Utara semakin kompak. 

Debby membeberkan bahwa di seluruh kecamatan di Jakut yang berjumlah enam kecamatan sudah berdiri posko-posko  pemenangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowl. 

Sementara itu, Slamet, salah satu warga  wilayah RW 04, kelurahan ancol, kecamatan Pademangan, Jakut menyatakan bersyukur atas kegiatan yang digagas GBB. 

"GBB baru saja mengadakan acara perlombaan 17-an yang diikuti 100 orang, kami bersyukur karena GBB telah mengadakan suatu acara yang bermaanfaat. Kamu berjuang mendukung bapak Ganjar Pranowo sebagai presiden RI di 2024," kata Slamet.

GBB dideklarasikan pada tanggal 20 November 2022 di Semarang, dengan melibatkan seribu buruh dari kota dan kabupaten Semarang. Selama lima bulan terakhir telah melakukan berbagai kegiatan dan menyisir kantong-kantong buruh di pulau Jawa (Jateng, Banten, Jabar, Jakarta dan Jatim).

GBB juga mengusung konsep hubungan industrial alternatif melalui Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI) dan pembentukan Komisi Nasional Hubungan Industrial.

FMHI sudah digelar di beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan melibatkan unsur-unsur dari Apindo, Kadin, Serikat Pekerja dan Akademisi.

"GBB juga akan memperluas jangkauan ke luar negeri dengan membentuk GBB Luar Negeri yg akan melibatkan WNI yg bekerja di luar neger," kata dia menambahkan, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement