Sabtu 19 Aug 2023 16:56 WIB

Petugas Damkar Lampung Selatan Tangkap Ular Sanca di Permukiman

Ular sanca tersebut telah memangsa tiga ekor ayam warga.

Petugas Damkar Lampung Selatan Tangkap Ular Sanca di Permukiman
Foto: Istimewa
Petugas Damkar Lampung Selatan Tangkap Ular Sanca di Permukiman

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan mengevakuasi seekor ular sanca pada saluran air rumah warga di Desa Wayhui, Kecamatan Jati Agung.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (Damkarmat) Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, saat dihubungi dari Pesisir Barat membenarkan pihaknya telah mengevakuasi ular jenis sanca dari rumah warga.

Baca Juga

"Seorang warga bernama Septonugraha melaporkan bahwa ada laporan ular jenis sanca yang berada di saluran air rumahnya dan telah memangsa tiga ekor ayam peliharaan," kata Rully, Sabtu (19/8/2023).

Setelah itu, tim penyelamat Damkar Lampung Selatan langsung turun ke tempat kejadian guna dilakukan penangkapan dan evakuasi atas ular tersebut. "Pada jam 22.00 WIB anggota Posko (Damkar) Jati Agung mempersiapkan peralatan dan segera meluncur ke lokasi pukul 22.05 WIB. Setiba di lokasi anggota langsung mengevakuasi ular sanca dan selesai evakuasi jam 22.30 WIB," kata dia.

 

Ia menjelaskan penangkapan ular tersebut membutuhkan waktu karena ukuran ular tersebut sudah besar. "Petugas kami telah mengevakuasi ular sanca dengan ukuran panjang kurang lebih 4 meter di Desa Wayhui," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, salah seorang warga mengaku atas kemungkinan masih banyak anak ular yang berkeliaran. Ruly mengimbau agar warga segera melapor ke Pos Damkar apabila menemukan ular sanca ataupun sejenis lainnya yang bisa membahayakan warga di lingkungan tempat tinggal.

"Petugas kami punya keahlian dan siap membantu evakuasi hewan berbisa, seperti ular. Warga jangan evakuasi sendiri, karena sangat berbahaya, bahkan dapat mengancam nyawa," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement