Sabtu 19 Aug 2023 03:11 WIB

Konveksi Asal Bekasi Ikut Pecahkan Rekor Dunia di HUT RI ke-78

Bendera Republik Indonesia karya CauClothing dibentangkan di Tambang Grassberg

Tim CauClothing berpose di depan bendera Republik Indonesia di Tambang Grassberg, Timika, Papua Tengah, Rabu (16/8/2023). Perusahaan konveksi kelas menengah ini menjahit bendera yang masuk Guinness World Records sebagai bendera terbesar yang dibentangkan di gunung.
Foto: dok istimewa
Tim CauClothing berpose di depan bendera Republik Indonesia di Tambang Grassberg, Timika, Papua Tengah, Rabu (16/8/2023). Perusahaan konveksi kelas menengah ini menjahit bendera yang masuk Guinness World Records sebagai bendera terbesar yang dibentangkan di gunung.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA - CauClothing, perusahaan konveksi kelas menengah asal Kota Bekasi, Jawa Barat menorehkan prestasi yang membanggakan. CauClothing terlibat dalam pemecahan Guinness World Records yaitu bendera terbesar yang dibentangkan di gunung. 

Keterlibatan CauClothing dalam proyek tersebut berawal dari keinginan PT Freeport Indonesia untuk membuat sesuatu yang berbeda di perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Berangkat dari keinginan tersebut kemudian tercetus ide membuat bendera terbesar di dunia yang dibentangkan di Tambang Grassberg, Timika, Papua Tengah. 

Bendera yang dibentangkan adalah bendera Republik Indonesia. Bendera jahitan CauClothing menjadi simbol persatuan dan kesatuan Indonesia sekaligus persembahan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

CauClothing, kemudian dihubungi oleh perwakilan PT Freeport Indonesia. Mereka memberikan waktu produksi yang sangat singkat kepada CauClothing untuk membuat bendera tersebut, yaitu 10 hari. CauClothing menyanggupi permintaan tersebut, menjahit bendera di pabriknya di Bandung, Jawa Barat lalu dikirim ke Mimika. 

CauClothing tidak sekadar mendapat tugas menjahit bendera berukuran raksasa. Konveksi kelas menengah yang berkantor di Kota Bekasi ini harus membuat bendera yang kuat yang akan dibentangkan di daerah bercuaca ekstrem sehingga bendera tersebut tidak mudah rusak. 

“Tidak ada UMKM lain, hanya CauClothing. CauClothing dipercaya mengerjakan mahakarya untuk kebanggaan Indonesia di mata dunia,” ujar Owner CauClothing Ferly F Raya kepada media. 

Bendera Republik Indonesia karya CauClothing dibentangkan di Tambang Grassberg pada Senin, 14 Agustus 2023 pagi waktu setempat. CauClothing sempat memperbaiki bendera sehari kemudian karena ada kerusakan yang lumayan akibat angin kencang. Pengumuman pemecahan rekor disampaikan oleh pihak Guinness World Records pada Rabu, 16 Agustus 2023 di Grassberg. 

“Keesokan harinya saya langsung menjahit bagian yang rusak di atas. Suasananya mencekam. Cuaca berkabut dan sering hujan, suhu 1 derajat Celcius di ketinggian 4.200 kaki. Tangan jadi sakit dan beku, tapi harus jahit bendera yang sobek karena angin kencang,” tutur Ferly.

Berdasarkan catatan Guinness World Records, bendera karya CauClothing menjadi bendera terbesar yang dibentangkan di gunung. Bendera tersebut berukuran 3.431,25m2, memecahkan rekor sebelumnya yaitu 2.742,434m2. Rekor ini sebelumnya dicatatkan oleh Kuwait Flag Team dari Kuwait yang membentangkan bendera negara Kuwait di Al Hamra, Oman pada 25 Februari 2022.

“Ini pengalaman yang sangat berharga seumur hidup saya. Rasa bangga ini akan sampai ke anak-cucu saya,” ungkap Ferly. 

Si Merah Putih karya CauClothing menggunakan bahan parasut atau taslan. Bahan ini dianggap cocok untuk cuaca dan iklim di gunung dan tahan sobek. CauClothing mengerahkan 50 orang karyawannya untuk menggarap bendera yang total beratnya mencapai hampir 1 ton, tidak termasuk orang-orang untuk membantu pembentangan di lapangan sebelum dibawa ke Mimika.

“Prosesnya sangat tidak mudah karena bendera yang sangat besar harus dijahit di lapangan besar. Saat siang tim kami kepanasan dan saat malam kedinginan karena dikejar waktu. Setiap hari kami menjahit hingga subuh,” ujar Ferly. 

Selain tantangan dari sisi pembuatan, CauClothing juga mengalami tantangan dari sisi pengukuran oleh Guinness World Record yang persyaratannya sangat banyak. Ferly menuturkan ukuran kain yang sangat besar membuat bendera sangat sulit dibuat tegang. Akibatnya banyak tercipta gelombang di tanah dan mengurangi panjang kain sehingga hasil pengukuran dari pihak Guinness World Record menjadi 70x49 meter dari 75x50 meter.

“Tanpa disengaja, luasan yang dibutuhkan itu memakai 17 roll bahan merah dan 17 roll bahan putih. Sesuai dengan perayaan kemerdekaan Indonesia di 17 Agustus kali ini,” kata Ferly.

CauClothing adalah perusahaan konveksi garmen yang memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan seperti T-shirt, polo shirt, kemeja, jaket, dan seragam. CauClothing berdiri sejak hampir 20 tahun dan telah mendapat kepercayaan dari perusahaan-perusahaan besar dan instansi negara. Rekam jejak CauClothing dapat dilihat di laman www.cauclothing.com.

“Saat ini kami belum terpikir untuk memecahkan rekor lagi. Mungkin perusahaan-perusahaan lain yang butuh memecahkan rekor bisa menghubungi CauClothing,” kata Ferly.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement