Kamis 17 Aug 2023 08:22 WIB

Biden Sampaikan Selamat HUT Ke-78 RI

Biden berharap AS dan RI semakin memperdalam kerja sama

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Presiden RI, Jokowi (kiri) Presiden AS, Joe Biden (kanan)
Foto: VOA
Presiden RI, Jokowi (kiri) Presiden AS, Joe Biden (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan  Indonesia pada 17 Agustus ke-78 ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam kesempatan itu Biden juga menyampaikan pujian atas Presidensi Indonesia di Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun 2022.

"Bapak Presiden Yang Terhormat, atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78," kata Biden dalam pernyataan yang Republika terima, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga

 

Biden mengatakan kemitraan strategis antara AS dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang dianut kedua negara dan keamanan serta kemakmuran rakyat dia negara. Ia menambahkan AS  dan Indonesia mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan," kata Biden.  

"Kita memperkuat hubungan antarmasyarakat yang mendasari kemitraan kita bersama. Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

 

Biden mengatakan ia berharap dapat AS dan Indonesia dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan di tahun mendatang. "Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini," tutupnya dalam pernyataan tersebut.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan AS salah satu negara pertama yang menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia pada tahun 1949. Kementerian Luar Negeri AS juga mengatakan proses demokratisasi dan reformasi Indonesia sejak tahun 1998 meningkatkan stabilitas dan keamanannya, dan menghasilkan hubungan AS-Indonesia yang semakin kuat.

"Amerika Serikat dan Indonesia pada tahun 2010 memprakarsai Kemitraan Komprehensif untuk mendorong keterlibatan tingkat tinggi yang konsisten di antara isu-isu demokrasi dan masyarakat sipil, pendidikan, keamanan, iklim, maritim, energi, dan perdagangan," kata kementerian.

Berdasarkan keberhasilannya, pada tahun 2015 kedua negara meningkatkan hubungan menjadi Kemitraan Strategis AS-Indonesia, memperluas kerja sama ke isu-isu penting regional dan global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement