Selasa 15 Aug 2023 18:48 WIB

Polimedia Gelar PKKMB 2023 Serentak Diikuti 1.501 Mahasiswa Baru

Polimedia merupakan perguruan tinggi vokasi yang berorientasi pada industri kreatif.

Direktur Polimedia Tipri Rose Kartika mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di kampus Polimedia kepada seluruh mahasiswa baru, Selasa (15/8/2023).
Foto: Polimedia
Direktur Polimedia Tipri Rose Kartika mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di kampus Polimedia kepada seluruh mahasiswa baru, Selasa (15/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2023 serentak di Jakarta, Medan, dan Makassar. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut diikuti oleh 1.501 mahasiswa baru yang berasal dari 21 program studi.

Mengambil tema ‘Kreativitas yang Produktif, Gagasan yang Membanggakan, kegiatan PKKMB tahun 2023 tersebut diresmikan melalui Sidang Terbuka Senat Polimedia yang dihadiri oleh Ketua dan anggota Senat Polimedia, juga Direktur dan para Wakil Direktur Polimedia.

Dalam sambutanya, Direktur Polimedia Tipri Rose Kartika mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di kampus Polimedia kepada seluruh mahasiswa baru. “Ini adalah kampus kalian. Mulai sekarang kalian bukan lagi siswa tetapi sudah menjadi mahasiswa,” kata Tipri yang akrab disapa Oca, Selasa (15/8/2023).

Menurut Oca, Polimedia adalah pilihan yang tepat untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Karena perguruan tinggi yang cikal bakalnya berasal dari Pusat Grafika Indonesia tersebut berfokus mengasah ketrampilan kerja dan bukan semata kemampuan akademik. “Basisnya vokasional dengan metode belajarnya 70 persen ketrampilan dan 30 persen kemampuan akademik,” jelas dia.

Selain itu, Polimedia juga merupakan politeknik negeri yang didirikan untuk menghasilkan SDM generasi penerus bangsa yang bergerak pada industri kreatif. “Industri kreatif adalah industri yang tidak pernah mati karena sumbernya berasal dari akal pikiran manusia. Selama manusia hidup, maka akan selalu ada kreativitas,” kata Oca.

Karena itu, Oca mengajak seluruh mahasiswa baru, juga sivitas akademika Polimedia untuk selalu bangga menjadi bagian dari Polimedia. “Sesuai tagline kita Polimedia Bangga, maka di mana pun kalian, harus bangga menjadi bagian dari Polimedia, kampus yang berlokasi di Jakarta Selatan,” katanya.

Oca juga berpesan agar mahasiswa baru mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PKKMB 2023 dengan baik, rasa displin, dan bertanggung jawab. PKKMB menjadi awal bagi mahasiswa baru Polimedia untuk berkarya dan berinovasi di kampus kreatif Polimedia.

Selain itu, Oca juga berharap agar mahasiswa baru bersemangat dalam meraih banyak prestasi bersama Polimedia. Mengembangkan kemampuan diri sesuai minat dan bakat sehingga mampu mewujudkan PolimediaBangga. Terlebih kesempatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang luas, di antaranya terdapat program magang dan Studi Independen Bersertifikat, Program Kreativitas Mahasiswa, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Indonesian Internasional Student Mobility Awards, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Program Mahasiswa Wirausaha, Program Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan program lainnya.

Melalui tema "Kreativitas yang Produktif, Gagasan yang Membanggakan" mendorong mahasiswa baru untuk dapat aktif dalam berkarya. Polimedia sebagai kampus yang berorientasi Produksi dan Wirausaha, mendorong mahasiswa baru untuk terus berkarya. "Pembekalan ini kami harapkan dapat membangun modal untuk berpikir kreatif dan kritis, serta mampu melakukan problem solving," jelas Tipri.

Kegiatan PKKMB ini diisi dengan pembekalan terkait budaya kampus Polimedia, perkenalan sistem perguruan tinggi di era  4.0, materi bela negara, dan pengembangan karakter dari mahasiswa baru. Selain itu, acara ini juga mendorong dan meningkatkan produktivitas mahasiswa dalam mencapai tujuannya melalui Polimedia.

Polimedia tahun 2023 mendapatkan calon peminatan sebanyak 4.789 orang yang diseleksi dan telah diterima 1.501 mahasiswa yang berasal dari jalur nasional dan jalur mandiri. Terdapat 521 mahasiswa dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 641 mahasiswa dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan 339 mahasiswa dari Seleksi Mandiri. Untuk peminatan tertinggi pada jenjang D4 pada prodi Teknologi Rekayasa Multimedia dan jenjang D3 pada prodi Penyiaran.

"Meski sistem seleksi tahun ini berubah dan digabung antara jenjang sarjana dan diploma, Polimedia tetap optimistis sehingga capaian tahun ini tetap baik," tutup Tipri.

Polimedia merupakan perguruan tinggi vokasi yang berorientasi pada industri kreatif. Terdapat 21 pilihan program studi yang tersebar di Jakarta, Medan, dan Makassar. Berbasis pada link and match, mewujudkan pembelajaran dengan skema Teaching Factory dan Project Based Learning sehingga mahasiswa dapat merasakan praktik langsung di lapangan. Polimedia menyambut Industri 4.0 dan Society 5.0 dengan melahirkan insan kreatif untuk mendukung bonus demografi di tahun 2045.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement