Rabu 09 Aug 2023 22:43 WIB

Bantu Promosi, Relawan Crivisaya Ganjar Borong Produk UMKM dan Bagikan ke Warga Palembang

Mereka mendatangi tenda-tenda pedagang kaki lima.

Generasi alumni muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) memborong UMKM untuk dibagikan ke warga di Palembang.
Foto: Dok. Web
Generasi alumni muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) memborong UMKM untuk dibagikan ke warga di Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Palembang sangat membutuhkan bantuan untuk memasarkan produk mereka.

Oleh karena itu, generasi alumni muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) yang tergabung dalam kelompok sukarelawan Crivisaya Ganjar membantu mempromosikannya. 

Baca Juga

"Hari ini kegiatannya adalah Contract For Difference (CFD) yaitu untuk mempromosikan UMKM yang ada di Kota Palembang," kata Koordinator Crivisaya Ganjar, Sri Agria seperti dinukil pada Rabu (9/8/2023). 

Pada pelaksanaannya, para sukarelawan Ganjar itu mendatangi tenda-tenda pedagang kaki lima di depan Kampus Universitas Muhammad Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Mereka terlebih dulu mengajak para pedagang berdialog untuk mengetahui kondisi penjualan selama ini, kemudian memborong produk makanan-minuman dari para pedagang untuk dibagikan kepada warga yang melintas.

Ria mengatakan, tujuan mereka mentraktir warga adalah untuk mempromosikan produk buatan UMKM sekaligus menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024-2029.

"Tujuannya untuk mempromosikan UMKM yang ada di (Universitas) Muhammadiyah Plaju ini. Agar, masyarakat luas bisa tahu dan bisa berkembang UMKM yang ada di Palembang ini tentunya," kata dia.

Untuk menarik perhatian warga dan pengguna jalan raya, para sukarelawan Crivisaya bediri di pinggir jalan sambil mengangkat kertas bertuliskan "Crivisaya Ganjar Traktir".

Tak pelak, aksi tersebut berhasil menarik minat warga untuk datang dan mencoba produk yang ditawarkan para pelaku UMKM seperti jagung keju mozarella, cireng, dimsum dan berbagai jenis minuman.

"(Pedagang dan warga) sangat antusias sekali. Apalagi ada tulisan traktir. Benar kan? Karena, UMKM Palembang ini sangat berinovasi dari mulai makanan dan minumannya sangat banyak sekali (variasinya)," kata Ria.

Dari hasil dialog dengan para pedagang di sana, dia menjelaskan kendala yang dihadapi selama ini berupa harga bahan makanan-minuman yang mahal, mencari lokasi yang strategis untuk berjualan hingga terkendala dalam hal promosi.

Selama ini, para pedagang biasanya mempromosikan produk-produk mereka melalui media sosial tapi hal itu dinilai belum cukup tanpa promosi langsung seperti yang dilakukan kelompok sukarelawan Ganjar.

Kegiatan tersebut diapresiasi para pelaku UMKM seperti diungkapkan salah seorang pedagang bernama Asiah yang berjualan produk jagung keju mozarella.

"Alhamdulillah banyak sekali (warga yang datang ke tendanya). Tanggapannya, sangat berterima kasih sekali atas kegiatan ini karena dapat meningkatkan penghasilan kami pada hari ini," tutur Asiah semringah.

Kegiatan positif yang dilakukan para sukarelawan Crivisaya kali ini berhasil meningkatkan dukungan dari para pelaku UMKM untuk Ganjar Pranowo menjadi presiden periode selanjutnya.

Adapun terkait Pilpres, Lembaga survei Utting Research yang berbasis di Australia merilis hasil jajak pendapat dimana Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Managing Director Utting Research John Utting dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan elektabilitas tiga bakal calon presiden itu yakni Ganjar Pranowo 34 persen, Prabowo Subianto 33 persen dan Anies Baswedan 27 persen.

Sementara, tiga persen responden menjawab rahasia dan atau belum memutuskan, sementara tiga persen lainnya tidak menjawab. "Ketiga bakal calon presiden itu memiliki perolehan suara yang tak berjauhan," ujarnya, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement