Senin 07 Aug 2023 00:03 WIB

Pritttt!!! Kartu Kuning untuk PBSI…

Kegagalan para pemain Indonesia di tiga turnamen jadi 'kartu kuning' untuk PBSI.

Ganda putra peringkat satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (kostum biru) mengalahkan senior mereka Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (kostum merah).
Foto:

Di ganda campuran, mungkin bisa disebut sektor dengan kemunduran paling parah. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari belum bisa disebut sebagai senior yang menjadi ikon di sektor ganda campuran di Pelatnas PBSI.

Pada tahun ini, Rinov/Pitha menjadi pasangan spesialis ‘perempat final’. Karena mereka telah menjadi perempat finalis sebanyak 5 kali di pertengahan tahun ini. Dan tidak pernah sekalipun melangkah lebih jauh. Padahal pada 2022, Rinov/Pitha sempat mencapai semifinal di 4 turnamen.

photo
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Lisa Ayu Kusumawati (kanan) dan Rehan Naufal Kusharjanto (kiri) mengigit medali emas SEA Games 2023.
 

Prestasi Rinov/Pitha sempat disalip junior mereka, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Pada akhir 2022, Rehan/Lisa sempat menonjol dengan menjadi finalis di Vietnam Open 2022 Super 100. Kemudian mereka juga menembus babak semifinal di French Open 2022 yang merupakan level Super 500. Puncaknya mereka menjuarai Hylo Open 2022 Super 300 di akhir tahun.

Rehan/Lisa sempat mencapai semifinal di All England 2023 dan Orleans Masters 2023. Namun setelah itu, Rehan/Lisa tampil tidak menggigit seperti sebelumnya. Rehan/Lisa yang sempat masuk 10 besar dunia pun kini sudah terlempar.

Raihan medali emas SEA Games 2023, tidak cukup membuat Rehan/Lisa kembali tampil garang. Kini mereka hanya jadi penghias drawing hingga di babak kedua. Di Australia Open 2023 pun mereka hanya bermain di babak pertama saja.

Pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI mungkin harus membuat solusi secepatnya. Salah satunya dengan menarik pasangan PB Djarum, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emmanuelle Widjaja ke Pelatnas. Sosok senioritas Gloria bisa menjadi pengayom para pemain ganda campuran. Sedangkan Dejan sebagai pemain muda, bisa membuat persaingan di Pelatnas semakin hidup. Pertukaran pasangan menjadi Rinov dengan Gloria serta Dejan dengan Pitha pun bisa menjadi solusi yang sangat baik.

Rinov dan Gloria sempat membuat pasangan peringkat 1 dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong ketar ketir di Piala Sudirman 2023. Sedangkan kekuatan Dejan bisa diimbagi dengan kegesitan Pitha di depan net. Tapi lagi-lagi, faktor ‘gengsi’ Pelatnas PBSI akan menentukan di sini.

Di antara 5 sektor, mungkin tunggal putri yang menunjukkan kenaikan yaitu melalui Gregoria...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement