Rabu 02 Aug 2023 20:30 WIB

Pemkab Cianjur Gelar Program Nikah Gratis Perdana

Seluruh biaya pernikahan ditanggung pemerintah daerah.

Pemkab Cianjur Gelar Program Nikah Gratis Perdana
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pemkab Cianjur Gelar Program Nikah Gratis Perdana

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat meluncurkan program nikah gratis perdana. Program ini diikuti pasangan tidak mampu Gagam dan Mia warga Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur.

Seluruh biaya pernikahan ditanggung pemerintah daerah. Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan program nikah gratis tidak sebatas fasilitas gedung atau pakaian, tetapi semua fasilitas untuk gelaran resepsi sampai kedua pasangan memiliki buku nikah dan kartu keluarga baru.

Baca Juga

"Semua kita fasilitasi termasuk sampai dengan kartu keluarga dan KTP kedua pasangan yang melangsungkan nikah gratis," kata Herman, Rabu (2/8/2023).

Program nikah gratis itu khusus untuk calon pasangan pengantin dari keluarga tidak mampu sebagai upaya menekan nikah siri dan pernikahan dini karena keterbatasan biaya untuk mengelar resepsi.

Saat ini tercatat sudah ada lima pasangan calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri untuk menggelar resepsi yang rencananya program tersebut akan dilakukan di setiap wilayah termasuk hingga ke pelosok Cianjur.

"Sampai ke selatan program ini akan digelar termasuk resepsinya apakah di gedung atau di rumah mempelai perempuan yang semua biayanya akan ditanggung pemerintah. Pendaftar akan diseleksi karena harus sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan," katanya.

Sementara pasangan Gagam dan Mia Sukma warga Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur tidak menyangka dapat menggelar resepsi pernikahan di dalam gedung dengan saksi nikah Bupati Cianjur, termasuk kendaraan untuk berangkat dari rumah menggunakan mobil dinas bupati.

Keduanya mengikuti program nikah gratis yang diluncurkan Pemkab Cianjur sebagai upaya menekan pernikahan siri. Mereka menjadi pasangan pengantin perdana yang melangsungkan pernikahan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

"Tidak menyangka kalau pernikahan kami dapat digelar di Gedung Korpri menggunakan mobil dinas bupati, disambut Bupati Cianjur dan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, awalnya kami berencana menggelar acara nikah sederhana karena keterbatasan biaya," kata Gagam.

Dalam program nikah gratis itu, dia dan pasangannya mendapat fasilitas gratis mulai dari gedung, pakaian untuk pernikahan, katering, mas kawin, seserahan, dan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement