Selasa 01 Aug 2023 14:12 WIB

Pengamat: Yusril Punya Kalkulasi Matang Dukung Prabowo

Tingginya elektabilitas Prabowo jadi magnet dukungan partai

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra bersalaman usai serah terima SK dukungan capres saat acara ulang tahun PBB di ICE BSD City, Tangerang, Ahad (30/6/2023).
Foto: Dok Tim Media Prabowo
Calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra bersalaman usai serah terima SK dukungan capres saat acara ulang tahun PBB di ICE BSD City, Tangerang, Ahad (30/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyoroti langkah Partai Bulan Bintang (PBB) mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden Pilpres 2024. Menurut Ujang, PBB telah membuat sikap rasional.

Ujang menuturkan, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra pasti sudah memiliki kalkulasi yang matang dalam menentukan arah dukungannya. Selain itu, Yusril adalah sosok yang mempunyai insting politik yang kuat dan rasional dalam konteks menentukan arah dukungan capres.

Baca Juga

"Jadi analisis, rasionalitas, dan dukungan PBB bukan tanpa kalkulasi. Salah satu magnet bagi PBB untuk mendukung adalah soal elektabilitas Prabowo yang selalu tinggi, selalu nomor satu di banyak lembaga survei," ucap Ujang lewat keterangannya, Selasa (1/8/2023).

"Sangat rasional jika PBB mengusung atau mendukung Prabowo Subianto sebagai capres, karena Prabowo memiliki potensi menang," jelas Ujang menambahkan. 

Di sisi lain, kata Ujang, dukungan dari PBB ini tentu akan menambah kekuatan Prabowo dalam pertarungan Pilpres 2024. Meski PBB bukan partai parlemen, tapi partai berlogo bulan bitang itu mempunyai basis massa yang loyal. "Dukungan PBB paling tidak memberikan efek psikologis yang penting bagi Prabowo," ujarnya.

PBB mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo di ICE BSD, Tangerang, Ahad (30/7/2022). Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, dan perwakilan Partai Golkar.

Hadir juga pimpinan sejumlah partai politik non-parlemen yang belum menentukan dukungan secara resmi, yakni Ketum PKN Anas Urbaningrum, Ketum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Tim Khusus Pemenangan Partai Buruh Said Salahudin, dan perwakilan PSI.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, beberapa pimpinan partai politik yang hadir itu telah menyampaikan rencana untuk mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo dalam waktu dekat. Ketika ditanya apakah PAN salah satu di antaranya, Dasco enggan menjawab.

Dia hanya mengatakan bahwa dukungan akan datang dari partai parlemen dan partai non-parlemen. "Pokoknya partai yang hadir di sini (akan mendeklarasikan dukungan). Jangan dikasih tahu dulu. Kalau dikasih tahu sekarang jadinya tidak kejutan," ujar Dasco kepada wartawan.

Ketum Partai Gelora Anis Matta mengkonfirmasi bahwa partainya akan mendukung Prabowo. Deklarasi dukungan akan disampaikan dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement