Ahad 30 Jul 2023 19:16 WIB

Survei Utting Research dari Australia yang 'Berbeda'

Menurut Utting Research, elektabilitas Anies tak jauh dari Ganjar dan Prabowo.

Presentasi hasil survei politik. (Ilustrasi)
Foto:

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) optimistis Anies Baswedan akan mampu memenangkan Pilpres 2024. Hal ini disampaikan Juru bicara PKS Pipin Sopian usai lembaga riset asal Australia Utting Research merilis surveinya yang memunculkan angka elektabilitas Anies merangkak naik 27 persen.

Meski tetap di posisi tiga, kata Pipin, elektabilitas Anies berdasarkan lembaga riset yang berbasis di Australia itu mulai mendekat dengan Ganjar Pranowo yang memperoleh 34 persen dan Prabowo Subianto 33 persen. Pipin menilai angka itu sangat berpotensi naik karena sebanyak 81 responden menginginkan adanya perubahan. Baik keberlanjutan yang disertai perubahan maupun maupun perubahan yang dilakukan secara penuh.

"Elektabilitas ABW (Anies Baswedan) naik karena ternyata hanya 18 persen yang menginginkan keberlanjutan penuh yang ditawarkan Prabowo dan Ganjar," kata Pipin dalam keterangan yang diterima wartawan, Ahad (30/7/2023).

Apalagi, lanjut Pipin, dukungan dari berbagai elemen masyarakat terhadap Anies setiap saat mengalami peningkatan. Mulai dari kalangan ulama dan kaum santri, seniman, hingga para pekerja atau buruh. 

Karena itu, dia menilai kenaikan elektabilitas Anies ini memberikan keyakinan suara Anies akan mengalami bounce back dan akan terus naik hingga Pilpres 2024. Menurutnya, elektabilitas Ganjar Pranowo yang mencapai 34 persen dan Prabowo Subianto 33 persen saat ini berpotensi disalip oleh Anies Baswedan saat Pilpres 2024 berlangsung.

"Lembaga survei asing, kami percaya tanpa kepentingan, sedangkan lembaga survei lokal biasanya kerap diasumsikan sebagai pesanan," ujar Pipin.

Partai Demokrat ikut menyambut baik hasil elektabilitas bakal capres Anies Baswedan yang merangsek naik dan mulai menempel bacapres lainnya Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Kepala Badan Komunikasi Strategis dan Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai, peluang Anies Baswedan memenangi pertarungan di Pilpres 2024 masih besar.

"Pertarungan antarketiga capres ini memang masih terbuka. Masih bergantian satu sama lain, siapa yang di pertama, kedua, dan ketiga, selisih pun tidak jauh berbeda. Yang membedakan, sosok cawapres-nya," ujar Herzaky dalam keterangannya kepada wartawan, Ahad (30/7/2023).

Herzaky pun menilai kekuatan ketiga capres ini relatif sama. Karena itu, dia menilai hal yang penting adalah sosok cawapres untuk memberikan suara signifikan kepada tiga bacapres tersebut. 

Pertama, Herzaky menyebut cawapres harus dapat mengisi ruang kosong, khususnya ceruk pemilih muda yang tidak bisa diraih oleh capres. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan 56,45 persen dari total pemilih sebanyak 204,8 juta adalah pemilih dari generasi Z dan milenial ini berjumlah 113.622.550 orang. 

"Ada segmen anak muda, misalnya, mendominasi pemilih kita di 2024, yang jumlahnya mencapai hampir 60 persen total pemilih. Cawapres mana yang bisa membuat para pemilih muda dan pemula ini merapat ke kubunya," katanya.

Kedua, lanjut Herzaky, keberadaan cawapres juga menjadi perlu untuk memperkuat konsolidasi mesin pemenangan. Menurutnya, kekuatan cawapres ini juga harus dibuktikan geraknya dalam konsolidasi pemenangan. 

"Bukan kekuatan ilusi, melainkan kekuatan nyata. Ada strukturnya, ada komandonya. Terbukti gerak nyatanya. Kemenangan tidak bisa diraih dari mimpi dan persepsi belaka. Kerja-kerja lapangan dari mesin pemenangan ini menjadi penting," ujarnya.

Ketiga, kemenangan juga perlu ditunjang dengan soliditas dari koalisi. Karena itu, soliditas partai di koalisi harus diperkuat ke arah yang sama untuk pemenangan capres-cawapres sebagai dwi tunggal. Menurutnya, bukan untuk pemenangan pribadi ataupun pemenangan partai politik tertentu saja, maka makin besar peluangnya paslonnya terpilih. 

"Inilah yang membuat kami semakin yakin, dengan Koalisi Perubahan. Semua parpol setara dan sejajar. Maunya capres dan cawapres kita menang. Maunya seluruh parpol anggota koalisi menang di parlemen. Bukan maunya partai masing-masing saja yang menang. Soliditas ini bisa menjadi kunci kemenangan perubahan," ujarnya.

 

photo
9 Cawapres Anies Usulan Demokrat - (Infografis Republika)

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement