Kamis 27 Jul 2023 21:17 WIB

Ekosistem Mangrove yang Baik Dapat Minimalkan Dampak Bencana

Mangrove juga berperan sebagai Green Belt atau sabuk hijau.

Relawan mengganti tanaman mangrove yang mati dengan tanaman baru di kawasan konservasi mangrove, Teluk Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (27/5/2023). Keberadaan ekosistem mangrove memiliki banyak manfaat.
Foto:

Padahal, masyarakat yang hidup di sekitar kawasan mangrove, khususnya nelayan, terbantu dengan keberadaan mangrove karena menjadi tempat habitat ikan-ikan yang mereka tangkap. Selain itu, masyarakat sekitarnya juga kerap memanfaatkan buah mangrove sebagai bahan makanan ataupun sirup sehingga mendapatkan manfaat ekonomi.

"Secara tradisional masyarakat sekitar yang hidup di kawasan mangrove punya pengetahuan dan pengalaman untuk mengelola kawasan mangrove sembari mereka bisa mendapatkan nilai ekonomi dari itu," ucap dia.

Uli berharap pemerintah lebih berhati-hati dalam memberikan izin atas kawasan mangrove karena dapat merusak dan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat sekitarnya. Selain itu, bagi pengembang yang telah memegang izin di wilayah ekosistem mangrove, ia menyarankan untuk menjadikan wilayah tersebut sebagai wilayah konservasi bernilai tinggi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement