Kamis 27 Jul 2023 16:02 WIB

Puan Goda Muhaimin Agar PKB Dukung Ganjar

PDIP tetap menghormati sikap PKB yang telah berkoalisi dengan Gerindra.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar
Foto: Istimewa
Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dipimpin Puan Maharani bersilaturahim ke kediaman Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar. Usai pertemuan yang berlangsung sekira dua jam, Puan menggoda PKB agar ikut bergabung dalam pengusungan Ganjar Pranowo.

"Jadi tentu ini salah satu hal yang saya lakukan untuk menuju Pemilu 2024 dan bagaimana InsyaAllah nanti calon presiden Ganjar Pranowo nanti bisa menjadi pemenangnya. Jadi silaturahmi ini tugas dari Ibu Ketua Umum untuk bisa bersilaturahmi ke seluruh ketua-ketua parpol menjajaki kemungkinan yang ada," ujar Puan di kediaman Muhaimin, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga

PDIP dan PKB adalah dua partai politik yang sudah berpengalaman dalam kerja sama untuk kontestasi nasional. Sedangkan Puan dan Muhaimin juga kerap berkomunikasi, karena keduanya adalah pimpinan DPR.

Muhaimin juga merupakan sosok yang sudah dikenalnya lama. Karena, Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menitipkan Muhaimin ke almarhum ayahnya, yakni Taufiq Kiemas.

 

"Jadi semoga kehangatan pertemuan hari ini InsyaAllah akan membawa manfaat ke depan bukan hanya untuk PDI Perjuangan dan PKB, tetapi juga untuk bangsa dan negara ke depan," ujar Puan.

Kendati demikian, PDIP menghormati PKB yang sudah berkoalisi dengan Partai Gerindra. Muhaimin bersama Prabowo Subianto telah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang sudah terjalin selama 11 bulan.

"Saya hadir di sini tentu saja untuk bisa bertukar pikiran bagaimana nantinya ke depan ini memang menuju Pemilu 2024 harus dilakukan secara bergotong royong. Saya memahami juga bahwa Cak Imin sudah atau PKB sudah menjalin kerja sama atau koalisi 11 bulan," ujar Puan.

"Harus ditekankan 11 bulan dengan Partai Gerindra."

Muhaimin sendiri menyambut baik silaturahmi PDIP yang dipimpin oleh Puan. Menurutnya, banyak hal yang dibicarakan oleh kedua partai politik, termasuk perkembangan jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Saya dengan teman-teman PKB akan senantiasa siap berkomunikasi, berdiskusi, berbagi informasi untuk perkembangan politik nasional hari ini dan nanti menjelang pemilihan umum yang akan datang," ujar Muhaimin.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement